32.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Sejarah Perkembangan dan Penemu Internet Wifi Pertama Didunia

Penggunaan WiFi saat ini tak dapat dipisahkan di kehidupan sehari-hari untuk mengakses jaringan internet. Teknologi satu ini juga sudah lebih mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari rumah, sekolah, kantor, café, hingga kedai.

WiFi adalah teknologi jaringan nirkabel yang memungkinkan perangkat nirkabel seperti laptop dan ponsel untuk mengakses internet. Melalui WiFi kita dapat mengakses internet dengan mudah tanpa harus menghubungkan perangkat ke lewat kabel.

Melihat penggunaan WiFi yang masif saat ini tentu teknologi satu ini memiliki sejarah panjang. Mengulas perkembangan WiFi tentu tak menarik jika tidak menyinggung siapa penemu awalnya. Berikut ini merupakan ulasan mengenai sejarah perkembangan WiFi.

Penemuan WiFi

dan
penemuan WiFi

Siapa sangka teknologi satu ini ditemukan oleh artis populer holywood. Ia adalah Hedy Lamarr. Hedy Lamarr lahir pada tanggal 9 November tahun 1914. Lahir di Wina Austria dirinya tak hanya memiliki paras cantik memukau namun juga otak yang jenius. Di sela-sela kesibukannya sebagai artis ia ternyata memiliki hobi meneliti.

Menjadi artis Holywood yang populer juga justru menguntungkan dirinya dalam bidang penelitian. Dari sini ia dapat memiliki akses untuk bersosialisasi dengan tokoh-tokoh penting seperti John F Kennedy dan Howard Hughes. Dari mereka ia mendapatkan peralatan penting untuk menjalankan Wina Austria berbagai eksperimen yang dibuatnya.

Ternyata disamping memiliki paras yang cantik, wanita yang lahir di Wina Austria ini juga dianggap mempunyai otak yang sangat jenius. Hal ini terbukti di tahun 1942, dimana Hedy Lamarr berhasil mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia yang memakai frekuensi radio dalam bertukar data.

Produk tersebut dianggap menjadi sebuah pondasi yang sangat kuat dan penting di dalam teknologi komunikasi. Dia mengembangkan kontribusinya pada sejarah WiFi bersama dengan komposer avant garde George Antheil.

Pertemuan ini membuat Lamarr ingin mengajak George untuk membantunya dalam membuat alat yang dapat membantu dalam sinkronsisasi. Dari proyek musik, komposer Antheil memiliki pengalaman luas dengan sinkronisasi pemain piano, atau pianolas.

Keduanya mengambil inspirasi dari ini untuk mengembangkan sistem komunikasi rahasia untuk kendali jarak jauh torpedo, berdasarkan mekanisme lompatan frekuensi yang beralih di antara 88 frekuensi berbeda.

Pada tahun 1942, mereka pun menerima paten untuk sistem ini. Penemuan ini yang kemudian dinamai dengan Frequency Hopping. Namun saat ini namanya diubah menjadi spread spectrum dengan ide dasar yang sama.

Perkembangan WiFi

dan
perkembangan WiFi pertama didunia

Penemuan Hedy Lamarr tersebut menjadi penemuan penting yang dilanjutkan pada tahun 1971. Perkembangan WiFi bermula pada ALOHAnet menghubungkan Kepulauan Hawaii dengan jaringan paket nirkabel UHF.

ALOHAnet dan protokol ALOHA masing-masing adalah pelopor awal untuk Ethernet, dan kemudian protokol IEEE 802.11. Salah satu tokoh yang dianggap sebagai memiliki peran besar pada penemuan WiFi adalah Vic Hayes.

Ia sering dianggap sebagai Bapak WiFi. Dia memulai penelitiannya tersebut pada tahun 1974 ketika dia bergabung dengan NCR Corp. Pada tahun 1991, NCR Corporation dengan AT&T Corporation menemukan pendahulu 802.11, yang dimaksudkan untuk digunakan dalam sistem kasir.

Produk nirkabel pertama ini berada di bawah nama WaveLAN. Merekalah yang dikreditkan dengan menciptakan WiFi. Versi pertama dari protokol 802.11 dirilis pada tahun 1997, dan menyediakan kecepatan tautan hingga 2 Mbit/dtk. Ini diperbarui pada tahun 1999 dengan 802.11b dan mengizinkan kecepatan tautan 11 Mbit/s, dan ini terbukti populer.

Merek Dagang WiFi

dan
merek dagang pertama WiFi

Pada tahun 1999, WiFi Alliance dibentuk sebagai asosiasi perdagangan untuk memegang merek dagang WiFi. Nama WiFi, yang digunakan secara komersial setidaknya sejak Agustus 1999 diciptakan oleh perusahaan konsultan merek Interbrand.

WiFi Alliance telah menyewa Interbrand untuk membuat nama yang sedikit lebih menarik daripada IEEE 802.11b Direct Sequence. Phil Belanger, anggota pendiri Wi-Fi Alliance yang memimpin pemilihan nama WiFi telah menyatakan bahwa Interbrand menciptakan Wi-Fi sebagai pelesetan dari kata hi-fi.

Interbrand juga membuat logo WiFi. Logo tersebut didesain sederhana berwarna monokrom, mirip simbol “yin” dan “yang”. Hingga kini perkembangan WiFi cukup pesat. Kebutuhan internet juga semakin masif.

Sebagai teknologi yang dibutuhkan banyak orang, WiFi memiliki peran yang sangat bermanfaat untuk meringankan berbagai pekerjaan. Terutama membuat koneksi jaringan internet lebih lancar.

Nah, jadi itulah penjelasan tentang sejarah perkembangan dan penemu WiFi pertama di dunia. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles