31.6 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Asal Usul dan Fakta Menarik dari Lagu 17 Agustus “Hari Merdeka”

Menjelang hari ulang tahun republik Indonesia, lagu 17 Agustus terdengar menggema di segala penjuru. Namun, tahukah siapa pencipta lagu 17 Agustus tersebut? Mungkin jarang yang mempedulikan pencipta atau judul aslinya.

Lagu 17 Agustus sebenarnya berjudul Hari Merdeka. Pencipta lagu 17 Agustus ini adalah Husein Mutahar atau Muhammad bin Husein al Muthahar. Lagu tersebut dibuat pada tahun 1946. Selain menciptakan lagu Hari Merdeka, Husein Mutahar juga menciptakan berbagai lagu nasional.

Ia juga merupakan salah satu tokoh yang berjasa bagi Indonesia. Walaupun setiap tahun lagu tersebut selalu akrab di telinga kita, tapi pada kenyataannya masih banyak yang belum mengetahui secara pasti siapa sosok Husein Mutahar.

Selain menciptakan lagu 17 Agustus atau Hari Merdeka, Husein Mutahar juga berjasa kepada Indonesia dengan menciptakan lagu-lagu lain dan jasanya dalam kemerdekaan Indonesia.

Berikut dibawah ini merupakan fakta menarik dari lagu 17 Agustus “Hari Merdeka”:

Pendiri Gerakan Pramuka Indonesia dan Pencetus Paskibraka

Selain seorang komposer, Husein Mutahar juga aktif di kegiatan kepanduan Indonesia. Bahkan, Husein juga merupakan tokoh utama pendiri gerakan Pramuka Indonesia. Ia juga merupakan tokoh pencetus ide Paskibraka.

Pernah Menjadi Duta Besar

Mutahar pernah menjadi Duta Besar RI di Vatikan pada 1969 hingga 1973. Ia meninggal pada 9 Juni 2004 di Jakarta. Jabatan tersebut membawanya ke puncak kariernya. Selain membuat lagu, ia juga menguasai setidaknya enam bahasa asing.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles