31.1 C
Jakarta
Wednesday, July 10, 2024

Peluncuran Uang Terbaru dari TE 2022 Bank Indonesia

Bank Indonesia meluncurkan tujuh pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022), Kamis (18/8/2022), yang dipublikasikan melalui Instagramnya ,@bank_indonesia.

Tujuh pecahan Uang Kertas desain terbaru resmi dikeluarkan dan mulai diedarkan di seluruh wilayah Indonesia. Peluncuran uang kertas desain baru ini bertepatan dengan momen HUT Kemerdekaan ke-77 RI tahun 2022. Adapun tujuh uang kertas baru tersebut yaitu pecahan Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2.000, dan Rp1.000.

Beredarnya uang rupiah baru ini tidak mencabut atau penarik peredaran uang rupiah yang dikeluarkan dengan desain lama. Secara lengkap, berikut ini gambar pecahan uang rupiah yang baru:

Gambar Pecahan Uang Rupiah Terbaru 2022

Bank Indonesia menerbikan gambar pecahan uang rupiah desain terbaru dalam bentuk gambar contoh produk.

Berikut ini rinciannya menurut laman BI:

Rp.100.000

pecahan uang rupiah baru 2022-100.000

Tokoh: Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs Mohammad Hatta, sebagai gambar utama. Pada bagian depan uang terbaru ini ada lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Bulan, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Topeng Betawi yang disandingkan dengan keindahan alam Raja Ampat. Desain ini dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Bulan yang dikenal sebagai Puspa Pesona. Desain uang pecahan Rp100.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia.

Rp 50.000

pecahan uang rupiah baru 2022-50.000

Tokoh: Ir. H. Djuanda Kartawidjaja

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama. Ada lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jepun Bali, dan motif khas Indonesia.

Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Legong yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Komodo, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Jepun Bali. Desain uang pecahan Rp50.000 bagian belakang diperindah dengan motif khas Indonesia.

Rp20.000

pecahan uang rupiah baru 2022-20.000

Tokoh: Dr. G.S.S.J. Ratulangi

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar utama. Ada lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Hitam, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Gong yang disandingkan dengan keindahan alam Derawan, dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Hitam. Desain uang pecahan Rp20.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.​​

Rp.10.000

pecahan uang rupiah baru 2022-10.000

Tokoh: Frans Kaisiepo

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Frans Kaisiepo sebagai gambar utama.  Kemudian ada juga lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Cempaka Hutan Kasar, dan beberapa motif khas Indonesia, seperti Motif Asmat Papua dan Motif Perisai Citak Asmat.

Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Pakarena yang disandingkan dengan keindahan alam Taman Nasional Wakatobi, dipadukan dengan keanggunan Bunga Cempaka Hutan Kasar. Desain uang pecahan Rp10.000 bagian belakang diperindah dengan Motif Ne’Limbongan Toraja dan Motif Pa’Barana.

Rp5.000

pecahan uang rupiah baru 2022-5.000

Tokoh: Dr. K.H. Idham Chalid

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama. Terdapat lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Sedap Malam, dan beberapa motif khas Indonesia.
​​
Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Gambyong yang disandingkan dengan keindahan alam Gunung Bromo. Desain ini dipadukan dengan keanggunan Bunga Sedap Malam. Desain uang pecahan Rp5.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.​

Rp.2000

pecahan uang rupiah baru 2022-2000

Tokoh: Mohammad Hoesni Thamrin

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama. Selain itu ada lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Jeumpa, dan beberapa motif khas Indonesia.
​​
Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Piring yang disandingkan dengan keindahan alam Ngarai Sianok yang dipadukan dengan keanggunan Bunga Jeumpa. Desain uang pecahan Rp2.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.​

Rp.1000

pecahan uang rupiah baru 2022-1000

Tokoh: Tjut Meutia

Bagian Depan​

Bagian depan menampilkan Tokoh Pahlawan Nasional Republik Indonesia Tjut Meutia sebagai gambar utama. Ada juga lambang negara Garuda Pancasila, gambar kepulauan Indonesia, Bunga Anggrek Larat, dan beberapa motif khas Indonesia.

Bagian Belakang

Bagian belakang menampilkan Tari Tifa yang disandingkan dengan keindahan alam Banda Neira, serta dipadukan dengan keanggunan Bunga Anggrek Larat. Desain uang pecahan Rp1.000 bagian belakang diperindah dengan beberapa motif khas Indonesia.

Nah, itulah pecahan mata uang baru indonesia yang dipublikasikan melalui Instagram @bank_indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles