31.2 C
Jakarta
Saturday, December 9, 2023

5 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer

Jaringan komputer atau biasa disebut juga dengan Computer Network, dapat memudahkan pengoperasian antar komputer secara bersamaan. Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan jaringan komputer.

Secara definisi, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya secara bersamaan. Adapun contoh jaringan komputer yang mungkin umum dijumpai adalah pengoperasian warnet.

Pengaturan akses internet pada beberapa komputer Client di sebuah warnet bisa diatur secara terpusat lewat komputer Admin. Misalnya, pengaturan untuk membatasi waktu akses internet, kecepatan pengunduhan, akses situs web tertentu, dan sebagainya.

Pengaturan antar komputer semacam itu dimungkinkan lantaran terdapat jaringan penghubung (jaringan komputer). Sementara itu, tiap komputer bisa saling terhubung karena terdapat infrastruktur yang mendukung.

Dari segi infrastruktur software, untuk bisa membuat jaringan komputer, setidaknya diperlukan sistem operasi jaringan dan protokol komunikasi antar komputer atau TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Selain software, infrastruktur jaringan komputer juga harus didukung dengan beberapa komponen perangkat keras.

Lantas, apa saja perangkat keras jaringan komputer?

Perangkat keras jaringan komputer setidaknya terdiri dari komputer Server, komputer Client, NIC (Network Interface Card), Hub, dan router. Untuk penjelasan yang lebih lengkap.

Berikut adalah macam-macam perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya.

Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer

Komputer Server

jaringan
Gambar Komputer Server

Perangkat keras jaringan komputer yang pertama adalah komputer Server. Fungsi komputer Server adalah sebagai tempat penyimpanan atau database informasi dan mengelola sumber daya jaringan untuk nanti dibagikan ke komputer Client.

Tak hanya itu, komputer server butuh penanganan yang berbeda. Karena harus menyala selama 24 jam, perangkat ini perlu diletakkan di dalam ruangan bersuhu rendah agar tidakĀ overheat. Ditambah lagi, sumber listrik cadangan seperti UPS dibutuhkan agar komputer tersebut tidak mati ketika aliran listrik utama terputus.

Komputer Client

jaringan
Ilustrasi Komputer Client

Dalam hubungan yang terbentuk dalam jaringan komputer, terdapat pula infrastruktur komputer Client. Fungsi komputer Client adalah menerima dan mengeksekusi sumber daya yang dibagikan oleh komputer Server. Sumber daya itu misalnya akses ke perangkat printer.

perangkat keras dan lunak kedua tipe komputer tersebut juga berbeda. Komputer client umumnya menggunakan perangkat kerasĀ low end yang memiliki performa rata-rata. Selain itu, harganya terjangkau.

NIC

jaringan
Gambar komputer NIC

NIC (Network Interface Card) atau bisa disebut dengan kartu LAN adalah perangkat keras yang terpasang pada komputer untuk bisa mengakses jaringan. Fungsi NIC yaitu sebagai portal penghubung antara satu komputer dengan yang lain dalam satu jaringan.

Kabel jaringan

jaringan
Gambar Kabel jaringan komputer

Perangkat keras jaringan komputer yang ketiga adalah kabel jaringan atau biasa disebut juga dengan kabel LAN. Fungsi kabel jaringan yaitu sebagai penghubung antar komputer yang terpasang lewat kartu LAN. Kabel jaringan saat ini biasanya berjenis fiber optic.

Jadi ini Termasuk ke dalam kategori hardware komputer yang memiliki fungsi sebagai penghubung. Kabel jaringan menjadi transmisi antara server kepada client dan juga sebaliknya.

Router

jaringan
Ilustrasi Router jaringan

Router adalah perangkat yang biasa dipakai untuk menyebarkan koneksi internet. Dalam Computer Network, fungsi router adalah untuk membuat jaringan komputer lokal bisa terhubung dengan koneksi internet.

Perangkat ini sendiri merupakan sebuah proses yang terjadi saat mengirimkan paket data dari satu jaringan menuju ke jaringan lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan (Network, Ethernet, Protocol) dari stack protokol 7-Lapis OSI.

Nah, Itulah 5 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan penjelasan fungsinya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles