26.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Mengenal Negara Liechtenstein, Negara Terkecil di Eropa

pasti kamu tahu jika Vatikan termasuk negara terkecil di dunia. Namun, jika di Eropa, ada negara Liechtenstein yang dicap sebagai negara paling kecil. Luas negara Liechtenstein hanya 160 kilometer persegi saja. Meski demikian, negara yang terletak di tepi timur Sungai Rhein di antara negara Austria dan Swiss ini, hidup warga yang penuh bahagia.

Lebih lengkapnya, simak informasinya di bawah ini yuk!

Cuma Miliki Penduduk 37.000 Jiwa

liechtenstein
Liechtenstein

Nama Putri Marie memang tak sepopuler Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris. Sebab, ia dan suami memang menjauh dari kehidupan publik. Dari banyak negera di dunia, nama Liechtenstein mungkin jarang sekali didengar. Liechtenstein adalah sebuah negara terkecil di dunia yang terletak di lembah sungai Alpen dan berlokasi di tengah-tengah kawasan Eropa dengan luas 160 km persegi.

Jadi negara terkecil di Eropa, tentu saja jumlah penduduk yang menetap pun tak banyak. Di negara Liechetenstein, hanya terisi oleh sekitar 37.000 jiwa saja. Hal ini pun membuatnya menjadi negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jakarta saja, tentu berpuluh kali lipat. Karena menurut data di 2020, jumlah penduduk di Jakarta sudah menyentuh angkat 10,56 juta jiwa. Wah, berbeda jauh bukan?

Liechtenstein merupakan salah satu dari dua negara di dunia, selain Uzbekistan yang menyandang status sebagai negara double landlocked. Hal tersebut dikarenakan posisi geografis negara tersebut yang terletak di antara Swiss dan Austria, dua negara yang merupakan negara landlocked atau negara yang tidak berbatasan langsung dengan laut lepas.
Negara ini dibagi menjadi sebelas kotamadya, dan ibu kotanya adalah Vaduz. Negara ini secara resmi disebut sebagai kerajaan Liechtenstein, dan menetapkan bahasa Jerman sebagai bahasa nasional. Liechtenstein menganut sistem monarki semi-konstitusi yang dipimpin oleh seorang pangeran yang memiliki kekuasaan presiden.

Negara terkaya di dunia

liechtenstein
Liechtenstein

Luas wilayah Liechtenstein mungkin tidak lebih besar dari wilayah sebuah kecamatan di Indonesia, namun negara ini ternyata merupakan salah satu negara paling terkaya di dunia menurut pendapatan per kapita. Berdasarkan data terbaru yang dikutip dari Golook Explore, tingkat pengangguran di negara ini hanya mencapai 1,7 persen. Menariknya, sepertiga populasi negara itu diperkirakan adalah seorang jutawan.

Sektor keuangan di Vaduz sangatlah baik. Liechtenstein juga memiliki bank swasta yang mendukung jaringan keuangan internasionalnya. Bahkan, negara ini diklaim tidak memiliki utang nasional. Dalam dekade sebelumnya, ibu kota ini dikenal sebagai surga pajak miliarder. Hal unik lainnya dari negara ini adalah perusahaan yang terdaftar memiliki domisili di Liechtenstein ternyata jumlahnya lebih besar dari jumlah penduduknya.
Dari segi ekonomi, negara ini menjadikan bisnis medis seperti produksi gigi palsu sebagai sumber perekonomian utama. Perusahaan bernama Ivoclar Vivadent yang berada di kota metropolis Schaan menjadi perusahaan yang memproduksi gigi palsu terbanyak di dunia. Menurut laporan terbaru, perusahaan ini memproduksi hingga 60 juta set setiap tahun. Dengan angka tersebut, Ivoclar Vivadent telah menyumbang 20 persen dari penjualan gigi palsu dunia.

Pernah disewakan secara menyeluruh

liechtenstein
Liechtenstein

Pada 2011 silam, Liechtenstein membuat skema pariwisata, di mana wisatawan dapat menyewa negara ini secara menyeluruh dengan Rp 1 miliar per malam. Skema ini dibuat oleh firma pemasaran yang berbasis di Liechtenstein dan Airbnb, dan kamu bisa mendapatkan akomodasi untuk 150 tamu.

Dengan uang itu, kamu dapat memiliki kunci simbolis ke negara bagian dan rambu-rambu jalan yang disesuaikan, dan mencicipi anggur dengan Pangeran Liechtenstein. Namun, tampaknya tidak ada yang mengambil kesempatan itu.
Nah, itulah beberapa fakta tentang negara Liechtenstein yang menjadi negara terkecil di Eropa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles