33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Waspada, Ini Kelompok yang Rentan Tertular Cacar Monyet

Semua orang berisiko tertular cacar monyet, tapi ada lima kelompok orang yang paling rentan. Mulai dari orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, anak balita, hingga mereka yang gemar mengonsumsi daging hewan liar.

Belakangan ini, cacar monyet sedang menjadi perbincangan hangat. Sebab, penyakit yang satu ini diketahui menjadi wabah di beberapa negara. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat global. Perlu diketahui bahwa cacar monyet merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala serupa flu yang disertai ruam dan demam.

Selain itu, cacar monyet juga dapat menular melalui beberapa hal. Mulai dari sentuhan kulit dengan luka terbuka, kontak erat, hingga hubungan seksual. Semua orang dapat tertular, tapi ada beberapa kelompok yang paling berisiko.

Lantas, kira-kira siapa saja kelompok yang rentan tertular cacar monyet? Yuk, simak informasinya di sini!

Kelompok yang Rentan Tertular Cacar Monyet

Melansir dari salah satu media daring nasional, dokter spesialis kulit dan kelamin RSPI Sulianti Saroso Ni Luh Putu Pitawati, mengatakan bahwa semua orang berisiko tertular. Ia juga menyebut ada lima kelompok orang yang paling rentan tertular cacar monyet, yaitu:

Orang yang Memiliki Daya Tahan Tubuh Rendah

cacar monyet

Perlu diingat bahwa sistem kekebalan tubuh merupakan benteng yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Salah satu kelompok yang rentan tertular cacar monyet adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Misalnya seperti orang yang mengidap penyakit autoimun, mengidap HIV, atau sedang dalam kondisi imunitas rendah. Sebab, dalam kondisi ini, pertahanan tubuh tak dapat melakukan perlawanan dengan sempurna, sehingga virus lebih mudah masuk dan menginfeksi.

Baca Juga :  Banyak Dijadikan Ramuan Obat:Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan

Anak Balita

Kelompok yang rentan tertular cacar monyet berikutnya adalah balita. Sebab, daya tahan tubuh anak di usia tersebut masih belum terbentuk dengan sempurna. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada data global yang secara pasti menyebutkan cara penularan monkeypox ke anak-anak dan bayi. Diduga penularan cacar monyet terjadi melalui plasenta ibu hamil kepada janinnya.

Orang Berusia Lanjut (Lansia)

Selayaknya anak-anak, mereka yang sudah berusia lanjut juga menjadi salah satu kelompok yang rentan tertular cacar monyet. Hal ini lantaran lansia pada umumnya memiliki tingkat kekebalan tubuh yang rendah, akibat proses penuaan pada tubuh.

Ibu Hamil dan Menyusui

Perlu diketahui bahwa ibu hamil dan menyusui biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Alhasil, mereka menjadi salah satu kelompok yang rentan terinfeksi virus dan bakteri. Tanpa terkecuali, virus monkeypox penyebab cacar monyet.

Selain itu, virus ini terbukti melewati aliran darah sehingga dikhawatirkan bisa juga menular lewat ASI. Karena itu, ibu menyusui sebaiknya tidak memberikan ASI jika terinfeksi cacar monyet.

Mereka yang Gemar Mengonsumsi Daging Hewan Liar

cacar monyet

Sebagian orang gemar mengonsumsi daging hewan liar. Nah, kebiasaan ini dapat menempatkan mereka menjadi kelompok yang rentan terpapar cacar monyet. Sebagaimana diketahui, hewan juga menjadi salah satu carrier atau pembawa virus penyebab cacar monyet.

Alhasil, penularan dapat terjadi dari hewan yang dikonsumsi. Selain itu, daging hewan liar yang dikonsumsi juga tidak diketahui apakah aman dari virus lainnya atau tidak.

Itulah beberapa kelompok yang rentan tertular cacar monyet. Mulai dari orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, anak balita, hingga mereka yang gemar mengonsumsi daging hewan liar. Mengingat risiko penularannya yang tinggi, kamu perlu senantiasa menerapkan tindak pencegahannya. Sebagai contoh, hindari kontak fisik, termasuk kontak seksual dengan orang yang rentan tertular.

Baca Juga :  Hati-Hati! Kebiasaan Makan dan Minum Sambil Berdiri Bisa Timbulkan Dampak Buruk Ini

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles