31.4 C
Jakarta
Monday, March 25, 2024

6 Cara Mengusir Tikus dari Dapur, Tidak Perlu Racun

Dapur yang menjadi tempat memasak dan menyimpan makanan perlu dijauhkan dari tikus. Pasalnya hewan pengganggu tersebut seringkali merusak peralatan elektronik dengan menggerogoti kabel kulkas dan blender. Belum lagi jika makanan kita ikut dijarah oleh hewan pengerat ini. Selain menjijikkan, makanan yang tersentuh tikus bisa membawa penyakit bagi manusia.

Tidak jarang pula tikus juga menggerogoti lemari kayu dan meninggalkan bau pesing dari urin dan feses di dapur. Ulah tikus tentunya tidak diinginkan penghuni rumah mana pun karena membuat dapur mereka menjadi tidak nyaman digunakan. Di sisi lain, tikus yang datang-pergi berisiko menularkan penyakit melalui air liur, urin, dan fesesnya.

Cara mengusir tikus dari dapur

tikus

Kalau tikus telanjur menguasai dapur, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya sebagaimana dilansir dari Family Handy Man berikut ini.

Tutup celah

Penghuni rumah sebaiknya tidak menganggap remeh celah sekecil apa pun di dalam rumah, termasuk yang mengarah ke dapur. Karena tikus bisa masuk ke lubang sekecil apa pun walau diameternya hanya 2,5 centimeter. Dalam hal ini, tikus bisa melalui lubang kecil untuk mengincar makanan yang menarik perhatiannya.

Karena alasan itulah, penghuni rumah disarankan menutup lubang kecil di dalam rumahnya supaya tikus tidak masuk ke dapur. Lubang kecil kemungkinan berada di rak, lemari, bawah atau belakang kompor, dan lain sebagainya.

Tutup makanan

Ingatlah bahwa salah satu daya tarik bagi tikus untuk datang ke dapur adalah makanan. Maka simpan dan tutuplah makanan supaya hewan pengerat tersebut tidak dapat menjangkaunya. Makanan bisa ditempatkan di dalam wadah atau toples. Pastikan untuk menyimpan makanan dalam wadah tertutup.

Jaga kebersihan dan kerapian dapur

Menjaga dapur tetap bersih dan rapi merupakan cara lain untuk mengusir tikus. Dapur ada baiknya dibersihkan setiap hari dengan cara dilap, disapu, maupun dipel agar tidak menyisakan remah makanan. Hal itu penting dilakukan karena tikus bisa bertahan hidup dengan persediaan makanan yang terbatas setiap hari. Tikus hanya membutuhkan 3-5 gram makanan sehingga bukan masalah jika hewan pengerat ini hanya memakan remah-remah makanan.

Cari sarang tikus

Peribahasa yang mengatakan “mencabut harus dengan akar-akarnya” agaknya cocok ketika kita hendak membasmi tikus. Karena tikus tidak akan pergi dari rumah apabila hewan pengerat ini masih nyaman “bersemayam” di sarangnya. Tikus mungkin saja berdiam di sarung tangan oven, termasuk sudut lemari dapur yang jarang dijamah penghuni rumah. Tempat-tempat tersebut sebaiknya segera dibersihkan agar tikus tidak betah dan minggat dari dapur.

Manfaatkan peppermint

Tanaman atau minyak peppermint dapat digunakan untuk mengusir tikus dari dapur. Aroma yang menyengat dari peppermint ternyata tidak disukai oleh tikus. Untuk cara menggunakannya, minyak peppermint dapat dioleskan ke bola-bola kapas. Kemudian tempatkan bola-bola kapas pada beberapa tempat yang dicurigai sebagai jalur masuk atau lalu-lalang tikus.

Jika tidak, belilah lilin peppermint. Lilin ini bisa dibakar di area dapur namun pastikan jauh dari gas atau bahan lain yang sensitif api. Lilin peppermint tidak sekadar mengusir tikus dari dapur tapi juga memberikan aroma menyegarkan.

Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah memiliki bau yang menyengat dan dianggap menjijikan oleh tikus. Jadi, bawang juga efektif untuk dijadikan cara mengusir tikus di rumah. Hanya perlu mengiris-iris bawang, lalu meletakkan ke tempat-tempat yang disukai oleh tikus. Misalnya letakkan bawang di depan lubang tikus atau tempat rawan di mana tikus akan bersarang.

Nah, itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus telanjur menguasai dapur.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles