29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Diduga Tentara Papua Nugini Tembak Mati Nelayan Indonesia

Tentara Papua Nugini dilaporkan menembak seorang nelayan asal Indonesia. Hal ini dikarenakan para nelayan Indonesia tersebut masuk ke perairan Papua Nugini. Akibat penembakan ini, satu nelayan Indonesia meninggal dunia. Dilansir dari ANTARA, Rabu (24/8/2022), nelayan ini berasal dari Merauke.

Kasus seorang nelayan Indonesia yang tewas ditembak Tentara Papua Nugini (PNG) saat kapalnya hendak melakukan penangkapan ikan di wilayah yang diduga masuk PNG masih diselidiki Polda Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, penembakan itu saat ini masih didalami Polres setempat. Hal itu untuk mengetahui apakah para nelayan tersebut melewati batas negara saat mencari ikan.

Kronologi Penembakan Nelayan Indonesia

Menurut laporan, terungkap ada tiga kapal nelayan yang menangkap ikan di perairan Papua Nugini, dua berhasil ditangkap, dan satu kapal melarikan diri.

Saat melarikan diri itulah kapal tersebut ditembak hingga mengenai salah satu ABK bernama Sugeng.

“Memang ada laporan terkait penembakan yang dilakukan tentara Papua Nugini yang diduga melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah negara tersebut,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Papua Suzanna Wanggai.

Kapal Pencari Ikan Membawa Sembilan ABK

Sementara itu, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan secara terpisah mengaku. Kapal yang membawa sembilan orang ABK termasuk korban sudah tiba di Merauke.

“Saat ini anggota masih mengumpulkan keterangan dari saksi untuk memastikan penyebab terjadinya insiden tersebut,” ujar Sandi.

Korban Meninggal di Tempat

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiono menduga penembakan yang dilakukan aparat keamanan Papua Nugini (PNG). Terhadap kapal nelayan Merauke hingga menewaskan nakhoda kapal Sugeng, dilakukan dari jarak dekat.

Dugaan itu karena korban terkena tembakan di bagian kepala hingga meninggal di tempat. Sedangkan bila menembak dari atas perahu motor agak susah karena ombak.

Baca Juga :  6 Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Respon Polda Papua

“Masih didalami apakah nelayan kita melewati batas negara atau tidak. Kami masih menunggu dari Polres setempat,”ujar Fakhiri di Mapolda Papua, Rabu (24/8/2022).

Diketahui, nahkoda Kapal Calvin 02, Sugeng tewas diberondong timah panas Tentara PNG. Kini jenazahnya telah dimakamkan di Merauke.

Kapal Calvin 02 tersebut yang dinahkodai Sugeng dibantu 8 anak buah kapal (ABK). Dari laporan awal yang diterima Senin (22/8/2022) terungkap ada tiga kapal nelayan yang menangkap ikan di perairan Papua Nugini. Dua berhasil ditangkap dan satu kapal melarikan diri.

“Saat melarikan diri itulah kapal tersebut ditembak hingga mengenai salah satu ABK yakni Sugeng,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzanna Wanggai.

Penjelasan dari Duta Besar RI di Ibu Kota Port Moresby

Andriana Supandi Duta Besar RI, membenarkan kapal tentara Papua Nugini menembak kapal nelayan berbendera Indonesia asal Merauke hingga menyebabkan sang kapten meningga dunia.

Andriana menyesalkan peristiwa penembakan yang diduga dilakukan tentara Papua Nugini (PNG) itu pada Senin (22/8). Kapal Calvin 02 dilaporkan ditembak kapal perang PNG yang sedang berpatroli usai memasuki wilayah perairan negara tetangga Indonesia itu yang tengah menyebarkan jaring.

“Kami sangat menyesalkan terjadinya insiden penembakan yang menewaskan seorang ABK kapal nelayan,” katanya kepada Antara di Jayapura, Selasa (23/8).

Setelah mendapat informasi tentang insiden penembakan tersebut, Andriana segera berkoordinasi dengan Konsulat RI di Vanimo, Badan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Papua, hingga Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI. KBRI di Port Moresby juga sudah meminta tanggapan otoritas PNG terkait peristiwa ini.

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai tentara Papua Nugini yang diduga tembak mati nelayan Indonesia. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Baca Juga :  Ada Keinginan Pimpinan Tak Rangkap Jabatan di Pemerintah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles