29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

4 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah

Kecoak yang mondar-mandir kerap membuat penghuni rumah malu saat menerima tamu karena serangga ini menandakan tempat tinggal mereka kotor. Tidak mengherankan jika orang-orang yang menyadari kecoak masuk ke rumahnya mencari cara untuk mengusir termasuk membasmi serangga ini.

Cara-cara yang sering dilakukan adalah menyemprotkan obat pembasmi serangga ke arah kecoak atau mengambil sapu dan sandal untuk memukulnya. Meski keduanya terbilang ampuh, tak sedikit orang yang ragu melakukannya karena takut serangga tersebut terbang ke arah mereka.

Lantas, bagaimana sih caranya mengusir kecoak tanpa harus berhadapan langsung dengan serangga ini?

Cara mengusir kecoak dari rumah

Ternyata ada sejumlah cara mengusir kecoak dari rumah secara mudah dan cepat. Dilansir dari The Spruce, berikut cara-caranya.

Boraks dan gula halus

ilustrasi Boraks dan gula halus

Boraks dan gula halus dapat dikombinasikan sebagai bahan pengusir kecoak dari rumah. Kandungan yang ada di boraks adalah senyawa dengan bentuk kristal lembut yang dapat berubah menjadi natrium hidroksida dan asam borat ketika dilarutkan di air.

Sementara gula halus merupakan bahan masakan yang umum digunakan sebagai pemanis donat maupun kue. Nah, ketika keduanya dicampur, “ramuan” ini bisa dioleskan pada titik-titik yang biasa dilewati kecoak.

Misalnya di alas tiang, celah-celah sempit, maupun bawah lemari dan tempat cuci tangan. Agar hasilnya terasa, cara ini sebaiknya dilakukan beberapa kali sampai kecoak benar-benar minggat dari rumah. Kalau serangga itu masih bandel, ganti boraks dengan asam borat lalu ulangi cara yang sama.

Gula dan baking soda

ilustrasi Gula dan baking soda

Gula bisa dimanfaatkan sebagai umpan kecoak, namun harus dicampur dengan baking soda. Kedua bahan tersebut bisa dipadukan dengan takaran yang sama untuk ditaburkan di titik-titik tertentu. Campuran gula dan baking soda juga dapat ditempatkan di piring supaya kecoak datang dan memakannya. Meski tidak bekerja secepat boraks, cara ini akan membuahkan hasil apabila dilakukan secara berulang.

Tanah diatom

ilustrasi Tanah diatom

Siapa bilang tanah diatom hanya berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap? Di balik itu, tanah diatom juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kecoak dari rumah. Untuk diketahui, bahan tersebut adalah silika seperto bedak yang mengandung sisa-sisa fosil fitoplankton laut.

Nah, ketika tanah diatom ditaburkan pada eksoskeleton seperti kecoak, bahan ini bisa menusuk dan menyebabkan serangga ini kering dan mati. Supaya kecoak segera minggat dari rumah, tanah diatom sebaiknya tidak ditaburkan di lantai saja. Taburkan juga tanah diatom ke titik-titik kecoak berada supaya dampaknya terasa.

Minyak esensial

ilustrasi Minyak esensial

Apabila bahan-bahan yang sudah disebutkan tidak mudah didapat, cobalah memanfaatkan minyak esensial. Selain mampu mengusir tikus, minyak esensial bisa membuat kecoak tidak kerasan bersarang di rumah. Minyak esensial yang efektif membunuh kecoak, antara lain rosemary, mint, oregano, eucalyptus, dan yarrow.

Jenis-jenis minyak esensial tersebut bisa disemprotkan ke arah kecoak untuk membunuhnya. Namun, pastikan kita memanfaatkan minyak esensial dengan cara disemprot, bukan mengoleskannya ke titik-titik yang biasa dilalui kecoak.

Cara mencegah kecoak masuk rumah

Mengusir kecoak dari rumah memang penting. Namun, jangan lupa untuk melakukan pencegahan agar serangga ini tidak kembali ke rumah. Penghuni rumah sebaiknya tetap menyimpan makanan dalam wadah tertutup supaya tidak dihinggapi kecoak. Kemudian, pastikan tempat tinggal terjamin kebersihannya, baik di luar maupun di dalam rumah.

Pastikan juga celah-celah yang memungkinkan kecoak untuk masuk ke rumah sudah tertutup. Di samping itu, singkirkan tanaman-tanaman dari fondasi rumah maupun tumpukan kayu untuk mencegah kecoak bersarang.

Nah, itulah 4 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengusir kecoak dari rumah, dengan mudah dan cepat. Untuk mencegah kecoak masuk ke celah-celah yang memungkinkan kecoak untuk masuk ke rumah sudah tertutup.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles