25 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Petugas Damkar Evakuasi Drone yang Jatuh ke Kolam Patung Pemuda

Unggahan video petugas pemadam kebakaran (Damkar) membantu evakuasi sebuah drone yang terjatuh di kolam viral di media sosial. Video tersebut salah satunya dibagikan oleh akun ini pada Rabu (24/8/2022).

Di dalam video memperlihatkan dua orang petugas Damkar DKI Jakarta mengenakan atribut pemadam lengkap berada di tengah-tengah kolam pada malam hari. Petugas menyisir drone yang jatuh dengan menggunakan senter yang disorotkan ke dasar kolam.

Menurut informasi dari yang tertera di unggahan, drone jatuh di kolam Patung Pemuda di Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

“Petugas Damkar DKI membantu mengevakuasi sebuah drone milik warga yang terjatuh ke dalam kolam patung pemuda,” tulis akun tersebut.

Hingga Kamis (25/8/2022) pukul 11.15 WIB, unggahan tersebut telah disukai 37.262 kali dengan 820 komentar dari warganet.

Penjelasan dari Damkar

Saat dikonfirmasi, Kasi Operasional Damkar Jakarta Selatan Sugeng membenarkan adanya drone yang terjatuh di kolam Patung Pemuda. Kejadian itu terjadi pada Selasa (23/8/2022) dengan pihak Damkar menuju lokasi pada pukul 19.17 WIB setelah mendapat laporan.

Sugeng menjelaskan bahwa drone tersebut terjatuh karena mengalami kendala saat terbang di atas kawasan kolam Patung Pemuda.

“Ketika sedang bermain drone, tiba-tiba drone mengalami kendala dan terjatuh di dalam kolam Patung Pemuda,” katanya pada Kamis (25/8/2022).

Setelah mendapat laporan dari pemilik drone, pihak Damkar sektor 2 Kebayoran Baru kemudian melakukan proses evakuasi. Proses evakuasi sendiri memerlukan waktu sekitar 20 menit hingga drone dapat diamankan petugas.

“Dengan menurunkan 4 personil drone berhasil dievakuasi oleh petugas Damkar sektor 2 Kebayoran Baru,” jelas Sugeng.

Keterangan dari Pemilik Drone

Dikonfirmasi terpisah, pelapor bernama Rifai Hazami menjelaskan detik-detik drone milik kantornya terjatuh ke dalam kolam. Kejadian bermula saat Rifai hendak merekam kondisi jalanan Bundaran Senayan tampak dari atas menggunakan drone untuk keperluan kantornya sekitar pukul 18.00 WIB. Namun saat akan diturunkan, drone mengalami eror dan lansung jatuh ke kolam Patung Pemuda.

Baca Juga :  18 Jet Tempur TNI AU Akan Membentuk Formasi Angka 77 di HUT RI

“Drone tiba-tiba enggak stabil mati dan jatuh ke kolam,” kata Rifai pada Kamis (25/8/2022).

Setelah jatuh, Rifai mengaku kebingungan mengambil tindakan untuk mengambil drone tersebut. Rifai sempat melaporkan kepada pihak kepolisian yang berada di sekitar kolam, namun polisi mengarahkan untuk melaporkan kejadian ke Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Di tengah kebingungan, Rifai kemudian berkonsultasi ke temannya untuk meminta bantuan dari petugas Damkar.

“Saya diarahin untuk menghubungi 112, pas saya coba laporan ternyata bisa, pihak Damkar bilang bisa,” ucap Rifai.

Setelah menerima laporan, petugas Damkar tidak perlu waktu lama untuk sampai ke lokasi kolam. Rifai mengungkapkan bahwa petugas Damkar sangat membantu dirinya menyelesaikan permasalahan yang menimpanya.

“Dengan bantuan Damkar ini dan dia bisa membantu menyelesaikan semua permasalahan masyarakat yang ada, bukan hanya kebakaran tapi pertolongan yang lain itu sangat amat membantu,” ujar Rifai.

Nah, jadi itulah penjelasan tentang petugas damkar evakuasi drone yang jatuh ke kolam patung pemuda senayan. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles