28.2 C
Jakarta
Friday, July 12, 2024

6 Makanan untuk Membersihkan Usus Besar secara Alami

Usus besar dikenal sebagai organ yang menyimpan sisa makanan atau limbah yang mengandung racun bagi kesehatan. Jadi, penting untuk membersihkan usus besar atau dikenal juga sebagai detoksifikasi. Mengutip Medical News Today, kemungkinan manfaat dari membersihkan usus besar di antaranya:

  • Mengeluarkan limbah beracun
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menghilangkan kembung, gas, atau kram perut
  • Mengurangi risiko kanker usus

Untuk membersihkan usus besar ini, dapat Anda lakukan secara alami dengan mengkonsumsi sejumlah makanan berikut ini:

Biji-bijian

ilustrasi biji bijian

Mengutip The Healthy, biji-bijian utuh yang kaya serat merupakan pilihan terbaik untuk membantu membersihkan usus besar Anda. Biji-bijian utuh kaya serat, misalnya beras merah, gandum, dan quinoa. Sebuah studi pada 2020 di American Journal of CLinical Nutrition mengungkapkan bahwa mengkonsumsi biji-bijian utuh bisa menurunkan risiko kanker usus besar.

Kacang-kacangan

ilustrasi kacang kacangan

Mengutip The Healthy, kacang-kacangan adalah makanan nabati sumber serat paling banyak. Mengkonsumi kacang-kacangan dapat membersihkan usus besar dan menurunkan risiko Anda mengalami polip di organ pencernaan ini. Kemampuannya dalam mengurangi risiko kanker usus besar mungkin juga dipengaruhi oleh fitokimia yang dikandungnya.

Kacang-kacangan seperti kacang dan lentil juga mengandung serat. Kemungkinan memiliki polip di usus besar lebih rendah 35 persen pada orang-orang yang makan serat dari sumber nabati seperti kacang-kacangan. Polip adalah gumpalan sel di lapisan usus besar yang dapat berkembang menjadi kanker. Kacang-kacangan ini mungkin juga mengandung fitokimia yang merupakan pelindung untuk mencegah kanker.

Sayuran hijau

ilustrasi sayur hijau

Mengutip The Healthy, brokoli, kembang kol, kale, merupakan sumber serat terbaik dalam bentuk sayuran yang bisa membantu Anda membersihkan usus besar. Satu studi menemukan bahwa makan sayuran hijau yang dimasak dapat menurunkan risiko kanker usus besar hingga 24 persen.

Chia seeds

ilustrasi chia seeds

Dua sendok makan chia seeds mengandung 10 gram serat (40 persen dari kebutuhan harian).  Mengonsumsi serat sesuai kebutuhan dapat menjaga kesehatan usus besar. “Serat memindahkan tinja melalui usus besar serta mengeluarkan bahan kimia beracun dan zat lain seperti kolesterol dari sistem,” jelasnl Dr. Valente.  Nutrisi dalam serat juga dapat memengaruhi usus besar pada tingkat sel untuk mencegah penyakit.

Ikan berlemak

ilustrasi salmon

Mengutip The Healthy, ikan berlemak yang merupakan sumber omega-3 dapat membantu membersihkan usus besar juga. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Gut menyebutkan bahwa lemak omega-3 dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kematian sel kanker usus besar. Menurut penelitian tersebut, orang yang menderita kanker usus besar dapat memiliki risiko kematian lebih rendah jika mengkonsumsi ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan trout.

Yogurt

ilustrasi yogurt

Mengutip The Healthy, produk susu fermentasi seperti yogurt tanpa gula tambahan mengandung probiotik yang menyehatkan usus. Mengutip Medical News Today, probiotik yang merupakan bakteri menguntungkan yang berkontribusi terhadap kesehatan usus. Bakteri ini membantu usus mengeluarkan tinja dari usus besar secara teratur dan mengurangi risiko gas, kembung, sembelit, dan infeksi. Menurut penelitian, makanan yang mengandung probiotik juga dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Produk susu fermentasi yang kaya probiotik sehat ini baik untuk usus. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, konsumsi banyak yogurt dapat mengurangi risiko kanker kolorektal sebanyak 38 persen.  Probiotik juga dapat membantu mengurangi beberapa gas yang berasal dari kacang-kacangan dan sayuran silangan.

Nah,itulah 6 Makanan untuk Membersihkan Usus Besar secara Alami. Karena Usus besar dikenal sebagai organ yang menyimpan sisa makanan atau limbah yang mengandung racun bagi kesehatan. Jadi, penting untuk membersihkan usus besar atau dikenal juga sebagai detoksifikasi.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles