25.6 C
Jakarta
Monday, July 8, 2024

5 Jajanan ala Korea yang Cocok Jadi Ide Bisnis

Kuliner dari Korea Selatan memang tidak pernah habis memberikan kejutan, terutama untuk masyarakat di Indonesia. Bukan menjadi hal aneh, jika jajanan-jajanan klasik mereka menjadi ide bisnis baru di tanah air dan menghasilkan berbagai keuntungan yang tak sedikit.

Sajian tersebut bisa datang dari berbagai olahan. Mulai dari makanan tradisional hingga sajian kekinian ala Korea Selatan. Bahkan saat ini terdapat 5 jajanan ala Korea yang paling sering dijual di Indonesia:

Corndog

makanan corndog

Corndog adalah makanan yang saat ini sedang naik daun. Bentuk sajian tersebut mirip dengan sosis namun ukurannya jauh lebih besar lantaran isiannya dibalut menggunakan adonan tepung dan digoreng sampai matang.

Meskipun bukan secara mutlak berasal dari Korea Selatan, melainkan Amerika Serikat. Tetapi corndog sangat sukses dan populer sebagai salah satu jajanan Korea, bahkan sampai menjadi peluang bisnis yang legit di Indonesia.

Walau berasal dari Amerika, tetapi corndog versi Korea memiliki karakteristik tersendiri. Hal tersebut terlihat dari adonan yang digunakan, di mana American corndog menggunakan lapisan cornmeal sebentara Korea memakai adonan yang mengandung ragi atau rice flour.

Hotteok

makanan hotteok

Hotteok adalah makanan yang paling direkomendasikan untuk dicicipi ketika seseorang berkunjung ke Korea Selatan. Makanan ini sepintas mirip sekali dengan pancake, namun ketika dicicipi teksturnya cenderung unik karena agak chewy dan crispy.

Hotteok sendiri merupakan makanan asal Korea yang terpengaruh dari Cina. Sajian tersebut biasanya diisi menggunakan campuran kacang dan brown sugar, sehingga terdapat sensasi yang berbeda saat digigit, karena kacangnya masih sangat garing dan gulanya akan meleleh di mulut.

Proses pembuatan hotteok sendiri memerlukan adonan utama yang terbuat dari tepung terigu dan ketan. Bahan tersebut yang membuat tekstur pancake ala Korea ini menjadi kenyal. Bahkan saat ini hotteok sudah menjadi salah satu inspirasi jajanan Korea di Indonesia yang laris manis diburu para pecinta kuliner.

Odeng

makanan odeng

Siapa yang tak kenal odeng? Semenjak kepopuleran makanan ini yang acap kali tampil di drama populer Korea, keberadaannya menjadi sangat dicari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Jajanan Korea ini biasanya disajikan bersama kuah yang ringan dan kaya bumbu.

Odeng merupakan makanan dari Korea Selatan yang dipengaruhi oleh oden asal Jepang. Makanan ini disebut juga sebagai Korean fish cake dan sering diolah sebagai isian dari sup yang disebut sebagai eomuk guk.

Odeng sendiri saat ini sudah banyak dijual di Indonesia dalam berbagai bentuk, baik itu kemasan siap pakai atau telah diolah menjadi eomuk. Tidak heran jika banyak orang yang mencoba bisnis kuliner Korea dengan menjual odeng ini sebagai menu utama mereka.

Tteokbokki

makanan tteokbokki

Membahas mengenai jajanan Korea yang sangat populer di Indonesia, tteokbokki adalah makanan yang begitu diminati hingga saat ini. Olahan tersebut tampak mentereng dibandingkan jajanan lain, karena warnanya yang merah menyala akibat penggunaan saus.

Walau demikian, rasanya cenderung didominasi oleh sensasi pedas, manis, dan gurih. Makanya banyak orang menyukai sajian tersebut untuk dijadikan camilan. Bahkan kalian bisa menemukan tteokbokki dalam kemasan instan untuk dimasak sendiri saat di rumah.

Makanan asal Korea Selatan ini terbuat dari kue beras yang nantinya akan dimasak dengan metode perebusan. Kemudian dicampur menggunakan saus yang terdiri dari gochujang dan gochugaru, bumbu-bumbu khas Korea Selatan yang terbuat dari cabai.

Gimbap

makanan gimbap

Gimbap atau dikenal juga sebagai kimbab memang tergolong sebagai hidangan utama. Tetapi makanan ini sangat populer di Indonesia dan acap kali dijadikan peluang bisnis untuk menggaet para pecinta kuliner ala Korea di tanah air.

Secara sederhana, memiliki bentuk gimbap hampir mirip dengan sushi, yaitu olahan nasi gulung berbalut rumput laut kering dari Jepang. Namun olahan yang satu ini memiliki karakteristik tersendiri, terutama dari isian yang digunakan.

Proses pembuatan kimbab atau gimbab ini memerlukan nasi dan rumput laut kering. Isiannya dilengkapi menggunakan aneka sayur, salah satunya bahkan bisa diisi menggunakan kimchi, olahan sayur fermentasi khas Korea. Selain itu, ada pula daging-dagingan, acar, dan telur.

Nah, itulah beragam jajanan dari Korea yang cocok untuk menjadi ide bisnis di Indonesia. Ini lantaran orang-orang sangat menyenangi makanan yang berasal dari Negeri Ginseng tersebut. Selain bentuknya yang unik, rasanya pun juga cocok di lidah masyarakat Indonesia sehingga selalu dicari kapanpun dan di manapun.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,900SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles