30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

6 Tips Meningkatkan Performa PC Lama Menjadi Paling Ampuh

Di rumah kamu memiliki PC yang sudah dibeli sejak lama. Ini masih bisa digunakan untuk tugas sehari-hari, seperti mengetik, browsing, menonton film, dan sebagainya. Namun, PC mulai menunjukkan penurunan perfoma, seperti sering hang, gagal menjalankan beberapa program, dan terus-menerus macet.

Pada titik ini, kamu mungkin dibuat bimbang. Kamu merasa perlu membeli PC baru, tetapi PC lama juga masih dapat digunakan. Sebenarnya, meskipun performa PC menurun, bukan berati kamu harus membeli yang baru. Kamu masih bisa melakukan beberapa strategi untuk meningkatkan performa PC jadul. Bahkan membuatnya nyaris seperti baru.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan performa PC

Tingkatkan RAM

Ilustrasi tingkatkan RAM

Jika kamu merasa PC mulai kewalahan menjalankan tugas berat, kamu perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan kapasitas RAM. Namun, sebelum membeli, pastikan RAM yang kamu inginkan didukung motherboard. Selain itu, motherboard yang lebih tua mungkin hanya mendukung RAM dengan kapasitas maksimal 16 GB. Jadi, pastikan kamu memilih RAM yang sesuai.

Perlu dicatat, harga RAM tidak murah. Kamu mungkin tergoda untuk membeli RAM bekas, tetapi sebaiknya pertimbangkan untuk membeli RAM baru. Bila perlu, cari RAM yang memberikan garansi. Sebab, kamu tidak ingin bukan harus sering mengganti RAM karena terus bermasalah?

Tingkatkan ke SSD

Gambar PC Tingkatkan ke SSD

HDD bukan hanya lebih lambat jika dibandingkan dengan SSD, tetapi juga semakin lambat seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, mengganti HDD ke SSD dapat memberikan perbedaan signifikan pada performa PC.

Sebelum mengganti media penyimpanan ke SSD, pastikan kamu sudah mentransfer semua file penting dari HDD ke penyimpanan eksternal. Setelah mengganti ke SSD, kamu akan merasakan performa PC-mu menjadi lebih cepat dan ringan.

Pindai dengan Antivirus

Ilustrasi Pindai dengan antivirus

Hampir mustahil bagi sebuah PC tidak pernah terinfeksi virus sama sekali. Padahal, adanya virus dapat menurunkan kinerja PC, seperti:

  • Aplikasi berjalan lambat dan membutuhkan waktu lebih lama atau booting.
  • Sering crash.
  • Sering muncul notifikasi kehabisan ruang disk.
  • eror yang tidak biasa.

Karena hal ini, penting untuk menginstal antivirus dan melakukan pemindaian secara rutin. Sebaiknya, instal minimal 2 antivirus berkualitas untuk perlindungan maksimal.

Bersihkan Disk

Gambar Bersihkan disk

Dari menu Start, ketik Disk Cleanup untuk membuka utilitas yang telah menjadi bagian dari Windows. Disk Cleanup akan membantumu menemukan sampah yang tidak diinginkan, seperti file sementara, halaman web offline, file penginstal di PC, dan sebagainya. Selain itu, Recycle Bin juga memiliki efek signifikan pada kecepatan jika drive hampir penuh.

Untuk meningkatkan performa PC, bersihkan Recycle Bin dan file sampah lainnya. Kamu juga bisa menjaga penggunaan penyimpanan dengan mengaktifkan opsi Storage Sense. Ini secara otomatis mengosongkan ruang dengan menghapus file sementara dan item Recycle Bin.

Batasi Proses Startup

I;ustrasi Batasi proses startup

Saat mengaktifkan PC, terkadang ada beberapa proses sampingan yang berjalan dan beberapa di antaranya bukanlah hal yang diperlukan. Kamu dapat membatasi aplikasi apa yang berjalan saat start up melalui Task Manager.

Untuk membuka Task Manager, tekan Ctrl-Shift-Esc. Lalu klik tab Startup, dan kamu akan melihat semua program yang dimuat saat startup Windows. Di sana juga ada kotak dialog yang menunjukkan dampak masing-masing program. Kamu bisa mengklik pada entri mana pun untuk menonaktifkannya.

Nah, Itulah pemberitahuan tentang Tips Meningkatkan Performa PC yang Paling Ampuh. seperti menginstal antivirus dan menghapus semua file yang tidak diperlukan. Mungkin juga kita harus mengganti penyimpanan ke SSD atau meningkatkan kapasitas RAM.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles