30.2 C
Jakarta
Thursday, May 30, 2024

Mikhail Gorbachev Meninggal hingga China Usir Helikopter AS

Mantan Presiden terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, meninggal dunia pada Selasa (30/8) di usia yang ke-90. Berita lainnya adalah militer China mengusir helikopter Amerika Serikat di Selat Taiwan yang diklaim masuk teritori Negara Tirai Bambu itu.

Presiden Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Meninggal Dunia

Eks Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev meninggal dunia di usianya yang ke 92 tahun. Mengutip AFP, Gorbachev wafat di Moskow, Rusia pada Selasa (30/8).

“Mikhail Gorbachev meninggal dunia malam ini setelah sekian lama mengidap penyakit serius,” mengutip pernyataan rumah sakit di Moskow.

Mikhail Sergeyevich Gorbachev lahir di Privolnoye, Rusia pada 2 Maret 1931 silam. Dia merupakan politiksu Rusia yang pernah menjabat sebagai Presiden Uni Soviet pada 1990-1991.

Pembelot Korut Sebut AS Surga Dunia Meski Harus ‘Kerja Rodi’

Pembelot dari Korea Utara yang kini tinggal di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat selama hampir empat tahun menganggap AS seperti surga dunia.

Padahal, Kang Mi Young (nama samaran) harus kerja keras ‘banting tulang’ alias ‘kerja rodi’ dan nyaris tak ada waktu istirahat di ‘rumah’ barunya itu.

“Di Korut, Anda masih tak dapat memiliki makan meski Anda bekerja seharian. Tidak peduli seberapa banyak saya membayar pajak, pemasukan di sini [AS] tinggi. Apakah saya harus menyebutnya sebagai surga di bumi? Saya merasa saya pergi ke surga setelah hidup di Korut yang seperti neraka,” ujar Kang.

China Usir Helikopter AS di Selat Taiwan

Militer China mengusir helikopter AS di Selat Taiwan. Beijing menganggap AS telah menerobos wilayah udara mereka.

Dalam siaran radio, China dikabarkan menuduh helikopter militer AS melanggar wilayah udara Beijing di Selat Taiwan, yakni berjarak 22 kilometer dari pinggir laut Negeri Tirai Bambu.

Pelanggaran terhadap teritori wilayah tersebut dilakukan pada Minggu (28/8) dan Senin (29/8)

Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa terdalam atas meninggalnya mantan pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev. Sosok Gorbachev dikenal sebagai Presiden pertama dan terakhir Uni Soviet.

“Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa yang terdalam atas meninggalnya Mikhail Gorbachev,” demikian disampaikan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS, Rabu (31/8/2022).

“Pada pagi hari, dia (Putin-red) akan mengirimkan telegram dengan pesan belasungkawa kepada kerabat dan teman-teman (Mikhail Gorbachev),” imbuh Peskov.

Pernyataan Rumah Sakit Klinik Pusat Rusia sebelumnya menyebut Gorbachev meninggal dunia dalam usia 91 tahun pada Selasa (30/8) waktu setempat, setelah mengalami sakit parah dan berkepanjangan. Tidak disebutkan lebih lanjut penyakit yang diderita mendiang Gorbachev.

Gorbachev, seperti dilansir CNN, diketahui menjabat sebagai Presiden Uni Soviet dari tahun 1985 hingga 1991 silam. Sosok Gorbachev mampu mengakhiri Perang Dingin tanpa pertumpahan darah, namun gagal mencegah runtuhnya Uni Soviet.

Menurut laporan Reuters yang mengutip kantor berita TASS, Gorbachev akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow, di sebelah istrinya, Raisa, yang meninggal dunia tahun 1999.

Putin sebagai Presiden Rusia, pernah beberapa kali bertemu dengan Gorbachev semasa hidup. Terakhir kalinya adalah ketika Putin menjamu Gorbachev di Novo-Ogaryovo pada Maret 2006, sehari setelah ulang tahun ke-75 mantan pemimpin Soviet itu.

Putin, menurut TASS, secara rutin mengirimkan ucapan selamat ulang tahun kepada Gorbachev setiap tanggal 2 Maret. Setahun lalu, ketika Gorbachev merayakan ulang tahun ke-90, Putin menekankan dalam telegramnya bahwa sosok Gorbachev ‘dianggap sebagai bagian dari konstelasi orang-orang cerdas dan luar biasa, serta negarawan terkemuka pada era kita, yang memiliki pengaruh besar pada sejarah nasional dan global’.

Nah, itulah penjelasan mengenai mantan Presiden terakhir Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, meninggal dunia pada Selasa (30/8) di usia yang ke-90. Berita lainnya adalah militer China mengusir helikopter Amerika Serikat di Selat Taiwan yang diklaim masuk teritori Negara Tirai Bambu itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles