27.1 C
Jakarta
Sunday, June 16, 2024

5 Pantai yang Punya Tepi Bebatuan Alam

Indonesia dianugerahi pantai dengan keelokan alamnya yang luar biasa indah. Ada pantai yang memiliki ciri bertebing, berpasir putih dan hitam, serta tepiannya yang penuh bebatuan alam.

Nah, dari ciri khas yang disebutkan tadi, pantai dengan tepi bebatuan alam sering kali membuat wisatawan penasaran. Lantaran cukup memikat hati dan pikiran dengan kombinasi antara pasir pantai, bebatuan alam, serta gradisi air lautnya menghasilkan panorama elok. Kalau kamu belum tahu pantai di mana saja dengan tepian bebatuan alam, berikut lima rekomendasinya.

Pantai Batu Kalang, Sumatra Barat

ilustrasi Pantai Batu Kalang, Sumatra Barat

Pantai yang disebutkan pada daftar pertama artikel ini berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Tahukah kamu, mama Pantai Batu Kalang diambil dari bahasa setempat yang bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya ‘batu penghalang;.

Memang betul, deretan bebatuan granit yang ukurannya tak sama berjejeran di tepi pantai. Ini seolah menghalangi laju ombak untuk menyapa tepian pantai. Namun, keelokan pantai ini tak terhalang sedikit dengan adanya bebatuan tersebut.

Di sudut lain pantai terdapat tanaman pepohonan bakau yang perairannya cukup dangkal. Tempat tersebut kerap dimanfaatkan oleh pengunjung sebagai tempat bermain air dan berfoto yang Instagramable.

Pantai Gigi Hiu, Lampung

ilustrasi Pantai Gigi Hiu, Lampung

Sebab bebatuan alam yang menghiasi tepian Pantai Gigi Hiu bentuknya runcing dan menjulang ke atas, banyak yang menyamakannya dengan gigi hiu. Inilah cikal bakal dari panggilan tersebut. Di sisi lain, penampakan bebatuan seperti perahu yang sedang menepi, membuat pantai berlokasi di Kabupaten Tenggamus ini memiliki nama lain, yaitu Pantai Batu Layar.

Tepi Pantai Gigi Hiu betul-betul bebatuan tidak ada pasir. Ombak yang kencang menghempas di antara bebatuan, jadi atraksi menarik saat berkunjung ke Pantai Gigi Hiu. Belum lagi, cahaya matahari yang membias di antara bebatuan membuat panorama alam Pantai Gigi Hiu makin elok dipandang.

Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

ilustrasi Pantai Tanjung Tinggi, Bangka Belitung

Berkat film Laskar Pelangi, nama Pantai Tanjung Tinggi di Kabupaten Belitung semakin meroket. Tidak bisa dipungkiri, bentang alam sekitar Pantai Tanjung Tinggi memang bikin siapapun tertarik untuk mengunjunginya.

Bebatuan granit yang berdiri di antara pasir putih, daya tarik utama dari Pantai Tanjung Tinggi, sekaligus jadi spot berfoto yang paling diincar oleh para pecinta fotografi. Eits, tidak hanya berfoto. Beragam aktivitas seru bisa kamu coba juga selagi di pantai ini. Sebut saja renang, bermain kano, sampai snorekeling.

Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

ilustrasi Pantai Parai Tenggiri, Bangka Belitung

Air laut super jernih yang menyambangi setiap celah bebatuan, bikin siapa pun yang tiba di Pantai Parai Tenggiri tidak sabar untuk bermain air. Mengambil gambar di antara bebatuan, jadi aktivitas seru selanjutnya yang tidak boleh terlupakan.

Di pantai yang lokasinya di Sungailiat, Kabupaten Belitung, ini difasilitasi jembatan kayu untuk akses wisatawan menyaksikan panorama sekitar Pantai Parai Tenggiri yang menarik perhatian, lho. Dari jembatan kayu ini, wisatawan bisa melihat bentang alam tepian pantai ini disinggahi bebatuan. Membaur dengan air laut nan jernih, pasir pantai yang putih, serta barisan pepohonan berdaun hijau membuat Pantai Parai Tenggiri nampak asri sekali.

Pantai Pulau Putri Belinyu, Bangka Belitung

ilustrasi Pantai Pulau Putri Belinyu, Bangka Belitung

Pantai di Pulau Putri Belinyu, Kabupaten Bangka, dihiasi bebatuan granit yang besarnya tidak sama. Keanggunan pantai-pantai tersebut kian bertambah dengan pasir pantai putih, serta gradasi air lautnya yang menyilaukan mata.

Seperti di pantai-pantai yang disebutkan sebelumnya, aktivitas yang tidak pernah dilupakan pengunjung di sini, yaitu fotografi. Memang sayang banget, jika sampai tidak mengabadikan momen selagi di sini. Sebab lautnya jernih, banyak juga wisatawan yang mencoba serunya bermain snorkeling di pantai Pulau Putri Belinyu, lho.

Keberadaan pantai dengan tepi bebatuan memang unik, sih. Namun, kamu yang berminat mengunjungi pantai dengan keunikan tersebut harus tetap waspada, karena bebatuan yang diguyur ombak bikin permukaannya menjadi licin.

Nah, itulah penjelasan mengenai Indonesia yang dianugerahi pantai dengan keelokan alamnya yang luar biasa indah. Ada pantai yang memiliki ciri bertebing, berpasir putih dan hitam, serta tepiannya yang penuh bebatuan alam.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles