26.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

4 Orang Tewas Akibat Terhantam Topan Noru di Filipina

Empat petugas penyelamat tewas dan satu orang hilang setelah topan menghantam pulau utama Filipina. Topan Noru, yang sebelumnya digolongkan sebagai topan super. Yang menyebabkan hembusan hingga 240kph (149mph) di Luzon, tempat lebih dari setengah dari 110 juta penduduk negara itu tinggal, pada Senin (26/9/2022).

Para peramal cuaca mengatakan badai itu mengalami “intensifikasi eksplosif” saat mendarat di sebelah barat Luzon. Noru adalah badai terkuat yang melanda Filipina tahun ini.

Gubernur daerah Bulacan Daniel Fernando mengatakan lima personel dari Badan Pengurangan Risiko Bencana dan Manajemen Provinsi hanyut dalam banjir bandang saat melakukan operasi penyelamatan di distrik San Miguel.

Topan Noru, yang dikenal secara lokal sebagai Karding, melemah saat melakukan pendaratan kedua pada pukul 20:20 waktu setempat (12:20 GMT) pada hari Minggu, dan diperkirakan akan meninggalkan Filipina pada Senin malam.

Lebih dari 74.000 orang telah dievakuasi dari jalur topan, dan para pejabat sebelumnya telah mengeluarkan peringatan tentang “banjir serius” di daerah-daerah ibu kota, Manila.

“Saya pikir kita mungkin beruntung, setidaknya kali ini,” kata Presiden Filipina Ferdinand Marcos saat briefing pada hari Senin.

“Saya pikir jelas dari apa yang kami lakukan dua hari terakhir ini, sangat, sangat penting, adalah persiapan,” tambahnya.

“Belum selesai. Saya pikir titik ketika kita bisa mundur adalah ketika mayoritas pengungsi sudah kembali ke rumah mereka,” katanya.

Bantuan untuk Masyarakat

Ilustrasi Topan Noru di Filipina

Marcos telah memerintahkan agar pasokan diangkut melalui udara dan peralatan pembersihan diberikan kepada masyarakat yang paling terkena dampak.

Tepat di Provinsi Quezon, di sebelah timur Manila, para nelayan sebelumnya telah dicegah untuk melaut, dan ada laporan bahwa beberapa daerah tidak mendapat aliran listrik.Penerbangan dan layanan feri telah dibatalkan.

Di Luzon, Presiden Marcos menangguhkan semua pekerjaan pemerintah dan kelas sekolah juga dibatalkan. Di kotamadya Dingalan, timur laut Manila dan di pantai Pasifik, penduduk terpaksa mencari perlindungan.

“Kami tinggal jauh dari pantai sehingga kami tetap tinggal sejauh ini. Kami lebih khawatir tentang air dari pegunungan,” kata seorang penduduk kepada AFP.

Pantauan Terus Dilakukan

Ilustrasi Topan Noru di Filipina

Perdagangan di bursa saham negara itu juga akan ditangguhkan pada hari Senin. Marcos juga memperingatkan bahwa kementerian energi telah menempatkan kewaspadaan tinggi pada semua industri yang berhubungan dengan energi di daerah tersebut.

Ribuan sukarelawan memantau ketinggian sungai, jembatan, dan gunung untuk mengetahui adanya longsor yang dapat menghambat upaya penyelamatan, kata Dick Gordon, ketua Palang Merah Filipina.

Informasi akan sangat penting dalam mendapatkan bantuan ke tempat yang dibutuhkan, katanya.

Filipina Rentan Topan

Ilustrasi Topan Noru di Filipina

Filipina, negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau di Samudra Pasifik, sangat rentan terhadap badai. Ia melihat rata-rata tahunan 20 badai tropis.

Diperkirakan 400 orang tewas ketika Topan Rai melanda negara itu pada Desember 2021, dengan tim penyelamat menggambarkan adegan “pembantaian total”.

Dan pada tahun 2013, Topan Haiyan, salah satu badai tropis paling kuat yang pernah tercatat, menewaskan sekitar 6.300 orang.

Nah, itulah penjelasan mengenai empat petugas penyelamat tewas dan satu orang hilang setelah topan menghantam pulau utama Filipina. Topan Noru, yang sebelumnya digolongkan sebagai topan super. Kejadian ini menyebabkan hembusan hingga 240kph (149mph) di Luzon, tempat lebih dari setengah dari 110 juta penduduk negara itu tinggal.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles