30.7 C
Jakarta
Friday, March 29, 2024

Inilah 3 Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar

Kipas angin memang penyelamat sejuta umat. Di tengah terik matahari dan udara panas, kipas angin membawa kesejukan. Plusnya lagi, barang elektronik ini menghabiskan sedikit daya, sehingga lebih murah dibanding air conditioner.

Momen ngeselin datang ketika udara lagi panas-panasnya, tetapi kipas rusak. Meski tombol on nyala, tetapi baling-baling kipas tidak berputar. Wah, bikin makin panas aja!

Coba cara memperbaiki kipas angin tidak berputar ini. Satu per satu dicek kira-kira apa penyebabnya, maka kamu akan mengetahui kemungkinan adanya sparepart yang perlu diganti. Inilah penjelasan 3 cara memperbaiki kipas angin tidak berputar.

Penyebab kipas angin tidak berputar

Ilustrasi Penyebab kipas angin tidak berputar

Coba ingat kembali bagaimana kebiasaan penggunaan kipas angin. Lalu, ingat-ingat juga apakah umur kipas anginmu sudah lanjut. Jika iya, ada kemungkinan penyebab kipas angin bermasalah, karena dua hal tersebut; penggunaan kurang tepat dan masa pakai terlampau lama.

Di lain sisi, jangan lupa cek beberapa part yang mungkin jadi penyebab kipas angin menyala, tetapi tidak berputar. Berikut di antaranya:

  • Kapasitor melemah. Kapasitor pada kipas angin berfungsi sebagai penyimpanan muatan listrik, sehingga mencegah adanya lonjakan listrik saat dinyalakan maupun dimatikan. Kapasitor yang melemah akan mempengaruhi kemampuan baling-baling berputar.
  • Biearing aus atau bushing kipas angin. Bearing berfungsi mengurangi gesekan dari suatu putaran. Ketika bearing aus, maka perlu diganti untuk menjaga performa kipas angin.
  • As motor aus. Kondisi ini menyebabkan as motor menempel dengan stator dan tidak lagi berada di tengah. Akhirnya, mesin pun menyala, tetapi baling-baling kipas tidak bergerak.

Sebagai non ahli di bidang elektronik, mengenali bagian kipas angin bisa jadi hal yang rumit. Tenang dan pelan-pelan saja, ya. Kalau ragu, bisa tanya si Mbah Google dulu.

Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar

Ilustrasi cara memperbaiki kipas angin

Pilihan termudah mengatasi kipas angin tidak berputar adalah membawanya ke service center. Namun, opsi ini bukan pilihan terbaik apabila ingin menghemat bujet.

Well, tidak ada salahnya mengotak-atik kipas angin jika kamu punya waktu luang. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi permasalahan tanpa harus membawa kipas ke tukang servis dan mengeluarkan biaya.

Buka bagian mesin kipas angin

Di balik baling-baling yang berputar, ada serangkaian mesin yang menggerakkan. Biasanya, terletak di bagian kepala belakang kipas.

Untuk menemukan bagian ini, terlebih dahulu buka kerangka kipas angin. Bagian ini meliputi penutup depan belakang dan baling-baling kipas. Setelahnya, baru kamu bisa membuka bagian mesin kipas.

Sebagai bantuan, gunakan obeng dengan empat mata kecil sebagai alat mengendurkan kunci penutup kipas. Jangan lupa, simpan sekrup yang dilepaskan dari kipas dalam satu wadah tertutup, agar tidak hilang atau tercecer.

Cek penutup dinamo

Setelah bagian pelindungnya terlepas, kamu bisa lanjut cek penutup motor dinamo. Buka perlahan sekrup yang menguncinya, lalu keluarkan stator atau plate dan as motor.

Apabila telah aus, maka perlu diganti yang baru. Hati-hati saat melepaskan komponen kipas dari tempatnya, ya. Hindari menariknya paksa yang dapat membuat gulungan komponen terputus.

Cek bearing atau bushing kipas angin

Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya, salah satu kemungkinan penyebab kipas angin tidak berputar adalah aus pada bearing atau bushing. Kalau begini, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar adalah dengan mengecek bagian tersebut.

Masukkan as motor ke bearing atau bushing. Selanjutnya, goyang ke kanan ke kiri. Apabila terasa terdapat kelonggaran, berarti menandakan bearing atau bushing sudah aus. Lepaskan komponen  bearing atau bushing, dan ganti spare part dengan yang baru.

Nah,Inilah pembahasan tentang 3 Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar. Maka dari itu mengatasi permasalahan tanpa harus membawa kipas ke tukang servis dan mengeluarkan biaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles