28.1 C
Jakarta
Thursday, September 28, 2023
- Advertisement -

Inilah Sejarah awal Beatbox ditemukan

Beatbox adalah salah satu bentuk seni yang memfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya.

Pemain beatbox mampu menirukan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan perkusi dan multivokalisme. Tetapi secara umum Beatbox dikaitkan dengan budaya Hip-hop. Meski demikian pada praktiknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya.

Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai diperkenalkan pada tahun 1980-an. Kata “beat box” secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh karena itu para pemain beatbox pada era tersebut sering dijuluki sebagai “Human Beat Box”

Musisi yang menjadi pelopor diantaranya Doug E. Fresh, Darren “Buffy” Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo “Wise” Roman dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi pemain beatbox berikutnya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperkenalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi.

Mulai terkenalnya Beatbox

Pada dekade 1990-an, musisi Beatbox sudah banyak bermuculan dan juga berkonstibusi dalam penyebaran beatbox ke seluruh penjuru dunia. Pemain beatbox yang sudah cukup tenar antara lain Vaughan Chadderton, Rahzel, Kenny Muhammad, Babeli, Eklips, Joseph Poolpo, Alem, serta Matisyahu. Perkembangan Internet juga memberi dampak positif bagi perkembangan beatbox di seluruh dunia.

Kejuaraan pertama Beatbox

 

Pada tahun 2005, untuk pertama kalinya diadakan kejuaraan beatboxing sedunia di Leipzig, Jerman. Kejuaraan ini diikuti oleh pemain beatbox dari seluruh penjuru dunia seperti Tom Thumb dan Joel Turner dari Australia, White Noise dari Irlandia, Roxorloops dari Belgia), Poizunus dari Kanada, serta Faith SFX dari Inggris. Di akhir kejuaraan, dinobatkanlah Joel Turner dari Australia sebagai pemenang pertamannya. Sedangkan posisi runner-up diberikan kepada Roxorloop dari Belgia.

Baca Juga :  Penggunaan Sarung Dalam Budaya Lain dan Sejarah Awal Berkembang

Nah, itulah penjelasan mengenai sejarah awal ditemukannya Beatbox dalam dunia Hip-hop yang menjadi salah satu gaya baru dalam dunia permusikan.

 

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,100SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X