30.6 C
Jakarta
Thursday, July 18, 2024

Mengapa Rasa Air Mata Kita Asin?

Saat air mata menetes dan menyentuh bibir, mungkin di antara Anda bertanya-tanya, mengapa rasanya asin.

Air mata rasanya asin ternyata karena mengandung elektrolit, yaitu garam alami yang dibutuhkan oleh tubuh kita, dikutip dari Sains ABC, Selasa (25/7/2023).

Saat kita menangis, entah karena emosi, sedih setelah menonton adegan film, atau saat mengiris bawang, secara alami air mata akan menetes.

Penting untuk dipahami bahwa mata kita adalah salah satu bentuk adaptasi yang paling mengagumkan dari tubuh. Selain berperan penting sebagai organ penglihatan, mata juga memiliki mekanisme dan sistem yang rumit untuk menjaga organ ini tetap aman.

Organ mata memiliki mekanisme yang sangat baik untuk itu. Memastikan mata tidak kering saat terbuka adalah hal yang sangat penting, itulah sebabnya mengapa mata selalu berkedip.

Namun, saat air mata kita menetes dan kemudian menyentuh bibir, seringkali indera perasa atau lidah akan merasakan rasa asin pada air mata.

Jadi, pertanyaannya adalah mengapa air mata kita terasa asin? Ini disebabkan oleh kandungan elektrolit, termasuk garam, yang terdapat di dalamnya.

Kenapa Air Mata Rasanya Asin?

Air mata rasanya asin karena adanya elektrolit, termasuk garam alami, yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi sistem saraf dan transfer informasi di antara sel-sel saraf yang berbeda.

Ketika air mata menyentuh lidah, rasa asin yang dirasakan menunjukkan tingkat kepekaan indera perasa kita.

Sekitar 98 persen dari komposisi air mata adalah air murni, sementara 2 persen sisanya mengandung berbagai zat dan senyawa lainnya, termasuk kalium, natrium, kalsium, bikarbonat, fosfat, dan magnesium, selain elektrolit atau garam.

Meskipun tingkat keasinan yang ada dalam air mata rendah, tetap dapat menciptakan lingkungan mata yang tidak nyaman untuk pertumbuhan bakteri.

Oleh karena itu, air mata memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata dan melindunginya dari bahaya eksternal.

Selain itu, manfaat air mata juga sering digunakan sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh, sehingga rasa asin pada air mata sangatlah masuk akal untuk melindungi tubuh, terutama mata, dari infeksi bakteri atau patogen.

Alasan lain mengapa air mata memiliki rasa asin adalah karena manusia sebagai makhluk memiliki karakteristik asin. Sekitar setengah pon atau sekitar 227 gram dari berat tubuh kita terdiri dari garam.

Oleh karena itu, sangatlah wajar jika cairan yang sangat alami seperti air mata juga memiliki konsentrasi garam.

Air yang terdapat dalam tubuh kita pada dasarnya memiliki tingkat keasinan, meskipun tidak seasam laut.

Beberapa garam dan ion lain yang terdapat dalam air mata juga berperan dalam proses pelumasan, perlindungan, dan penyembuhan di dalam mata.

Inilah sebabnya mengapa air mata kita rasanya asin, dan manfaat dari rasa asin tersebut juga sangat baik dalam melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri atau patogen.

Air mata adalah mekanisme alami yang luar biasa yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mengeluarkan emosi, tetapi juga membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan mata.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles