Manfaat Temu Ireng Untuk Kecantikan dan Efek Samping

0
528
MANFAAT TEMU IRENG

Channel E– Temu ireng merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Khasiat dari tanaman temu ireng ini sudah dijadikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dilansir dari bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com, di Bangladesh temu ireng digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Temu ireng dikenal dengan rasanya yang pahit, namun di balik rasanya yang tidak enak tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Temu ireng ini memiliki rimpang berwarna biru atau kelabu. Rimpang temu ireng memiliki banyak cabang dan rasa yang pahit.

Sebagai bahan baku jamu tradisional, temu ireng mengandung antioksidan dan minyak atsiri. Temu ireng juga mengandung flavonoid, saponin, kurkuminoid, alkaloid, dan minyak atsiri.

Khasiat temu ireng yang pertama ialah baik untuk menjaga kulit sehat dan mengatasi beragam penyakit kulit. Tanaman herbal ini membantu mengobati kurap, kudis, luka dan penyakit kulit lainnya.

Tak dapat dipungkiri banyak wanita mendambakan memiliki wajah yang bersih, kencang, dan berkilau. Meski paparan polusi dan pertambahan usia akan membuat kualitas kapasitas kulit menurun.

gambar istimewa

Mengatasi kulit kering.

Tak hanya beberapa jenis penyakit saja yang bisa diatasi dari temu ireng. Namun temu ireng juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya dapat mengatasi kulit kering dan kusam akibat sinar UV. Kandungan antioksidan tinggi pada temu ireng berfungsi efektif untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas, sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembap.

Mengencangkan kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan ini juga dapat mengencangkan, memutihkan, dan juga menjaga kulit wajah agar tampak awet muda. Senyawa antioksidan ini berperan penting untuk memperlambat proses penuaan dan mengatasi iritasi kulit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Setiap orang selalu mendambakan memiliki wajah yang bersih, kencang, dan putih. Tentu saja hal ini untuk menjaga penampilan agar tetap menarik dan nampak awet muda. Pasalnya, kulit wajah juga akan mengalami perkembangan dan seiring pertambahan usia kapasitas kulit dalam memperbaiki diri akan menurun.

Pertambahan usia biasanya akan menyebabkan munculnya garis-garis pada wajah, seperti pipi, mulut, hidung, dan area mata. Sehingga terkadang membuat wajah menjadi keriput dan terlihat lebih tua. Tak heran, banyak orang mencari berbagai cara untuk membuat wajah tampak bersih dan putih.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar memiliki wajah bersih dan putih, salah satunya menggunakan temu ireng. Kandungan antioksidan tinggi pada temu ireng berfungsi efektif untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas sehingga kulit Anda lebih kencang dan mencegah penuaan dini.

Membantu Menyembuhkan Luka

Apakah kamu baru saja terjatuh atau memiliki luka? Tak perlu khawatir, kamu bisa mempercepat penyembuhannya dengan temu ireng, Toppers!

Temu ireng memiliki kandungan antibakteri. Kandungan antibakteri ini bisa mencegah terjadinya inflamasi pada luka.

Efek Samping Temu Ireng

Tak hanya manfaat, sebelum kamu mengonsumsi jamu atau tanaman herbal, kamu juga harus mengetahui efek sampingnya. Hingga saat ini, belum ditemukan efek samping temu ireng.

Hanya saja, temu ireng memiliki rasa yang sangat pahit jika dikonsumsi. Sehingga kamu perlu menambahkan bahan makanan lain agar meminimalisir rasa pahitnya.

Itulah berbagai manfaat temu ireng untuk kesehatan tubuh. Perlu diingat, konsumsi tanaman herbal hanya bisa menjadi sebagai pendukung kesembuhan atau kesehatan.

Oleh karena itu, kamu harus tetap mengkonsultasikan penyakit yang kamu rasakan kepada dokter, ya, Toppers! Akan lebih baik jika kamu mengonsultasikan takaran dari konsumsi temu ireng kepada ahlinya. Apalagi jika sedang mengonsumsi obat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!