Home Resep Menu Takjil Untuk Buka Puasa

Menu Takjil Untuk Buka Puasa

0
Menu Takjil Untuk Buka Puasa
<center>gambar istimewa</center>

Kita sekarang sedang memasuki bulan puasa, yang pasti nya kita pasti berbuka saat puasa untuk menghilangkan rasa lapar dan dahaga kita. Anda bosen menu takjil anda seperti itu teras?

Disini kita akan memberitahukan menu takjil untuk buka puasa biar lebih nikmat saat berbuka.

Es Dawet

gambar istimewa

Segelas dawet ayu khas Banjarnegara memang gak boleh dilewatkan sebagai menu takjil berbuka puasa. Apalagi, minuman segar yang satu ini tidak cuma ada di Banjarnegara, tapi juga bisa ditemukan di kota-kota lainnya.

Rasa dawetnya yang lembut dan kenyal berpadu dengan manisnya gula merah dan santan, mantap banget diteguk ketika berbuka.

Es Kacang Merah

gambar istimewa

Kacang merah ternyata tidak cuma enak disajikan hangat-hangat dalam sup. Di daerah Palembang dan Manado, kacang merah diolah menjadi salah satu kuliner nikmat pelepas dahaga bernama es kacang merah. Penasaran gimana rasanya kacang merah dicampur dengan es serut yang disiram sirup atau susu kental manis? Cara penyajiannya di kedua daerah ini memang agak berbeda. Di Palembang, es kacang merah ini disajikan dengan es serut dan siraman sirup merah atau sirup pandan. Sementara, di Manado, es kacang merahnya disantap bersama campuran susu kental manis putih dan cokelat.

Kolang Kaling

 

gambar istimewa

Kolang-kaling memang salah satu hidangan yang wajib ada saat berbuka puasa, bahkan hingga Lebaran. Tidak hanya enak dijadikan minuman dingin yang manis, kolang-kaling juga segar dijadikan manisan. Kolang-kaling juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya melancarkan pencernaan karena mengandung serat. Serat tersebut akan mampu mendorong makanan supaya kamu bisa buang air besar secara rutin. Dengan begitu, kamu bisa menurunkan risiko terkena sembelit. Lalu, kolang-kaling juga mencegah dehidrasi karena memiliki kadar air, vitamin, dan mineral yang cukup banyak. Karena itulah, makanan ini sering disajikan saat panas untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang bersama keringat. Bahan makanan ini mengandung antioksidan untuk mencegah penuaan dini. Kandungan galactomannan dalam kolang-kaling juga mampu menghambat penuaan dini seperti keriput dan titik hitam hingga 50%.

Lontong oncom

gambar istimewa

Lontong oncom bisa menjadi menu buka puasa yang mengenyangkan jika kamu tidak ingin makan nasi. Ditambah dengan sambal kacang yang pedas, buka puasa kamu pasti lebih nikmat.

Kolak pisang

gambar istimewa

Kolak pisang sangat cocok untuk menjadi menu untuk buka puasa, bahkan kolak pisang sangat sering ditemukan saat bulan puasa dan dijual. Karena memang rasa nya yang tidak usah diragukan lagi. Percampuran antara pisang yang isi dengan santan,pandan,dan gula merah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here