Home Resep Makanan Khas Tiongkok Yang Lezat

Makanan Khas Tiongkok Yang Lezat

0
Makanan Khas Tiongkok Yang Lezat
<center>gambar istimewah<center>

Negara China, atau yang sering disebut dengan Tiongkok, merupakan nama dari sebuah negara terluas ke-3, dan menjadi negara dengan penduduk terpadat di dunia.

Republik Rakyat China/Tiongkok (RRC/RRT) merupakan nama panjang yang di kenal dunia. RRC/RRT beribukota di Shanghai.

Jika kita membahas tentang negara ini, pasti yang banyak terpikirkan oleh orang Indonesia yaitu produknya. Ya, memang banyak sekali produk-produk yang diproduksi dari negara ini mulai dari mainan anak-anak, barang-barang elektronik, bahkan hingga makanan.

Kreatifitas orang-orang Tiongkok tidak perlu diragukan lagi, inovasi-inovasi baru terus dikembangkan di negara ini.

Kwetiau

gambar istimewah

Kwetiau adalah makanan mie yang identik dengan orang Tionghoa, etnis Hokkian dan Tio Chiu.

Di Indonesia kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Hokkian banyak terdapat di pulau Sumatera yaitu kwetiau medan yang memakai campuran bakso ikan, sosis babi, dan telur bebek.

Sedangkan kwetiau yang terkenal di kalangan etnis Tio Chiu yang banyak tinggal di pulau Kalimantan adalah kwetiau sapi yang memakai daging sapi beserta jeroannya seperti babat.

Kwetiau terbuat dari tepung beras yang bertekstur kenyal, dan biasa diolah dengan cara digoreng atau disiram dengan kuah.

Menikmati kwetiau sangat cocok ketika masih panas dan biasanya ditemani dengan acar cabai rawit atau saus. Rasa yang dihasilkan pun sangat lezat dan khas bumbunya.

Kwetiau dapat anda nikmati dengan harga mulai dari Rp 12.000/porsi.

Tahu Mapo

gambar istimewah

Hidangan ini terbuat dari tahu yang dipotong dadu, dibumbui dan dimasak dengan saus pedas.

Selain itu terdapat pula douban (fermentasi kacang polong dan cabai), douchi (fermentasi kacang hitam) yang menjadi ciri khas, bersama dengan daging sapi cincang atau varian lain seperti jamur kuping kayu dan sayuran lainnya.

Tahu Mapo sangat terkenal akan rasanya yang pedas, teksturnya yang empuk dan lembut, kuahnya kental, serta aromanya khas dan harum. Tahu Mapo sangat cocok dinikmati ketika masih panas atau hangat.

Tahu Mapo di Indonesia dijual mulai dari Rp 40.000/porsi.

Bebek Peking

gambar istimewah

Bebek Peking terkenal sebagai masakan untuk para raja di Tiongkok.

Bebek Peking dibuat dengan terlebih dahulu bebek pedaging khusus direndam pada cairan bumbu cabai yang bernama gochujang selama 24 jam.

Setelah itu bebek ditiriskan dengan cara digantung pada suhu ruangan selama 6 jam dan kemudian dipanggang dengan suhu 180 derajat celsius selama 45 menit.

Bebek Peking dihidangkan dengan saus tiram, rasanya gurih dan lezat. Yang khas dari Bebek Peking adalah penggunaan daging bebek khusus, yaitu bebek yang diberi makan bubur biji-bijian bergizi selama 20 hari sebelum dipotong.

Bebek Peking dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000/porsi.
Ayam Cincang Gong Bao
Ayam Cincang Gong Bao atau Ayam Kung Pao terbuat dari olahan daging ayam cincang berukuran besar dan dimasak bersama rempah-rempah, kecap dan saus khas Tiongkok.

Kemudian disajikan dengan kacang goreng dan cabai kering. Ayam Cincang Gong Bao terkenal di kalangan turis mancanegara, rasanya yang gurih, lezat, dan khas membuatnya digemari.

Bahkan sampai terdapat versi baratnya, yaitu dengan ditambahkan saus asam manis, bawang putih, dan tepung tapioka.

Harga Ayam Cincang Gong Bao dijual mulai dari Rp 40.000/porsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here