Home Flora Dan Fauna Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Bubuk Kopi dan Cangkang Telur

Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Bubuk Kopi dan Cangkang Telur

0
Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Bubuk Kopi dan Cangkang Telur
<center>gambar istimewa</center>

Pupuk menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Namun, penggunaan pupuk bisa mengeluarkan banyak biaya, terlebih bila memiliki banyak tanaman.  Beruntung, ada banyak cara membuat membuat pupuk organik untuk tanaman dengan menggunakan bahan-bahan di rumah seperti dari ampas atau bubuk kopi dan cangkang telur.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (21/4/2022), kedua bahan ini dapat memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan tanaman serta tanah.  Selain itu, menyimpan ampas kopi dan cangkang telur di meja komposter, wadah plastik, atau kantong plastik dapat mencegah serangga muncul. Nah, berikut ini cara membuat pupuk tanaman dari bubuk kopi dan cangkang telur.

gambar istimewa

Aplikasi langsung bubuk kopi

Bubuk kopi adalah sumber nitrogen sangat baik, elemen yang dibutuhkan semua tanaman. Namun, kesalahpahaman umum tentang bubuk kopi sebagai pupuk adalah dapat menyebabkan masalah karena keasaman tinggi yang dimilikinya.

Padahal, bubuk kopi sebetulnya mendekati netral dengan pH antara 6,5 dan 6,8 sehingga menjadikannya pilihan baik untuk semua tanaman. Setiap jenis tanaman menyukai jumlah kopi yang berbeda.

Jadi, mulailah dari jumlah kecil dengan menambahkan satu sendok makan bubuk kopi di sekitar tanaman, lalu gosok perlahan ke dalam tanah seminggu sekali. Amati bagaimana tanaman bereaksi dan tambahkan lebih banyak setiap minggu sampai tanaman berhenti menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Bubuk kopi kompos

Bubuk kopi dapat digunakan untuk membuat kompos bersama sisa dapur lainnya. Membuat kompos dari bubuk kopi semudah membuangnya ke tempat sampah. Gabungkan bagian tanah yang sama, potongan rumput, dan daun kering untuk membuat kompos yang sederhana serta efektif.

Campurkan semua bahan dan balikkan kompos dengan garpu rumput seminggu sekali. Tergantung pada suhu di luar ruangan, kompos harus siap ditambahkan ke kebun dalam beberapa minggu.

Pupuk cangkang telur

Cangkang telur kaya akan kalsium. Tanpa jumlah kalsium yang tepat di dalam tanah, tanaman dapat menghasilkan bunga yang buruk.  Untuk mencegahnya, gunakan cangkang telur. Simpan cangkang telur dalam wadah besar berisi air. Biarkan campuran selama beberapa hari atau beberapa minggu.

Kemudian, campurkan secangkir campuran cangkang telur tersebut dengan tiga liter air dan sirami tanaman secara menyeluruh. Kalsium yang ditambahkan akan memberi tanaman dorongan yang sangat dibutuhkan tanaman selama musim produksi. Cangkang telur bubuk  Cangkang telur bubuk dapat ditambahkan di sekitar pangkal tanaman sebagai pupuk lepas lambat.

Proses ini akan menguntungkan tanaman sepanjang musim dan Anda dapat menambahkannya sepanjang musim tanam. Untuk membuatnya, ambil cangkang telur yang sudah mengering, lalu haluskan ke dalam blender sampai menjadi bubuk. Setelah itu, taburkan di sekitar pangkal setiap tanaman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here