Home Teknologi 5 Kartu Memori CFast 2.0 untuk Aktivitas Produksi Video di Tahun 2022

5 Kartu Memori CFast 2.0 untuk Aktivitas Produksi Video di Tahun 2022

0
5 Kartu Memori CFast 2.0 untuk Aktivitas Produksi Video di Tahun 2022
<center>gambar istimewa</center>

CFast 2.0 merupakan sebuah media penyimpanan yang dikembangkan oleh CompactFlash Association (CFA) untuk memenuhi kebutuhan industri digital seperti videografi. Kartu memori jenis ini memiliki bus yang sama dengan dengan SSD, namun, dengan interface berbeda yang tawarkan kecepatan menyamai SSD.

Bagi kamu yang bergerak di bidang videografi serta bingung untuk menentukan jenis kartu memori yang tepat untuk produksi video, maka sederet rekomendasi kartu memori di bawah ini bisa kamu jadikan pilihan sangat tepat. Langsung simak sederet rekomendasinya di bawah ini, ya!

SanDisk Extreme PRO CFast 2.0 card

gambar istimewa

Hadir dengan range kapasitas yang cukup beragam, produk kartu memori buatan SanDisk ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi video. Sebagai salah satu hal yang menjamin kualitas, kartu memori dari SanDisk ini telah mengantongi sertifikasi VPG-130.

Dengan dukungan sertifikasi tersebut, dapat dipastikan bahwa SanDisk Extreme PRO CFast 2.0 card mampu menjamin kecepatan tulis dengan kecepatan minimal 130MB/s secara kontinyu. Sehingga, dengan menggunakan kartu memori ini, kualitas video yang dihasilkan akan sangat maksimal dan dapat meminimalisir terjadinya video corrupt.

Untuk spesifikasi, SanDisk Extreme PRO CFast 2.0 card memiliki dukungan teknis berupa:

  • Kecepatan baca: 525MB/s;
  • Kecepatan tulis: 430-450MB/s;
  • Kapasitas: 64/128/256/512GB;

Untuk kapasitas 128GB, kartu memori ini dibanderol sekitar Rp8 juta.

Lexar Professional 3500x CFast 2.0 card

gambar istimewa

Sebagai produsen kartu memori yang berfokus pada penggunaan kamera, tentu produk dari Lexar memiliki kualitas dan durabilitas yang sangat unggul. Untuk itu, kartu memori ini hadir dengan spesifikasi terbaik yang dipadukan dengan garansi yang cukup panjang.

Sebagai salah satu hal yang juga sangat menjamin kualitas, Lexar Professional 3500x CFast 2.0 card mengantongi sertifikasi VPG-130. Dengan spesifikasi yang dibawakan tersebut kamera ini sangat cocok untuk menghasilkan video 4K, video ProRes, dan foto RAW.

Untuk konfigurasi spesifikasi, kartu memori ini memiliki dukungan teknis berupa:

  • Kecepatan baca: 525MB/s;
  • Kecepatan tulis: 375-445MB/s;
  • Kapasitas: 64/128/256/512GB;

Untuk varian dengan kapasitas 128GB, Lexar Professional 3500x CFast 2.0 card dibanderol sekitar Rp5,2 juta.

Delkin Devices Cinema CFast 2.0 card

gambar istimewa

Sebagai upaya Delkin untuk memastikan kompatibiltas pada produknya, kartu memori ini telah melewati proses pengujian dengan menggunakan kamera Atomos, Blackmagic, dan Canon. Dengan dukungan teknologi dan spesifikasi yang dibawakan oleh Delkin, kartu memori ini sangat cocok jika digunakan untuk aktivitas produksi video 4K.

Tak hanya ditujukan untuk kebutuhan videografi saja, Delkin Devices Cinema CFast 2.0 card juga mampu menyimpan hasil bidikan foto JPEG tanpa limit waktu. Sementara itu, untuk pemotretan gambar RAW, kartu memori ini mampu menyimpan 170 gambar pada konfigurasi 14fps yang sebelumnya diuji pada kamera Canon EOS-1D X Mark II.

Untuk konfigurasi, Delkin Devices Cinema CFast 2.0 card memiliki spesifikasi berupa:

  • Kecepatan baca: 560MB/s;
  • Kecepatan tulis: 495MB/s;
  • Kapasitas: 128/256/512GB;

Pada kapasitas 256GB, kartu memori ini dibanderol sekitar Rp3,2 juta.

Angelbird AV PRO CF CFast 2.0 card

gambar istimewa

Ditujukan untuk kebutuhan yang lebih serius, kartu memori ini memiliki range kapasitas terbesar hingga 1TB. Di samping itu, kartu memori ini juga memiliki kualitas kecepatan yang telah teruji karena mengantongi sertifikasi VPG-130.

Meski dibanderol dengan harga yang relatif mahal, banderol harga tersebut sebanding dengan apa yang ditawarkan. Kalangan profesional bisa mempertimbangkan Angelbird AV PRO CF CFast 2.0 card sebagai pilihan ideal.

Untuk spesifikasi, Angelbird AV PRO CF CFast 2.0 card memiliki konfigurasi berupa:

  • Kecepatan baca: 560MB/s;
  • Kecepatan tulis: 498MB/s;
  • Kapasitas: 256/512GB/1TB;

Untuk kapasitas 512GB, kartu memori ini dibanderol sekitar Rp8,5 juta.

Silicon Power Cinema PRO CFX310 CFast 2.0 card

gambar istimewa

Dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, kartu memori ini merupakan pilihan yang sangat worth it jika kita memiliki budget terbatas. Di samping itu, varian kapasitas yang disuguhkan juga cukup beragam sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Meskipun dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, Silicon Power Cinema PRO CFX310 CFast 2.0 card memiliki spesifikasi dengan kualitas yang cukup unggul. Sehingga, secara keseluruhan kartu memori ini merupakan solusi murah yang tidak murahan.

Untuk spesifikasi, Silicon Power Cinema PRO CFX310 CFast 2.0 card memiliki konfigurasi berupa:

  • Kecepatan baca: 530MB/s;
  • Kecepatan tulis: 330MB/s;
  • Kapasitas: 128/256/512GB;

Untuk kapasitas 512GB, kartu memori ini dibanderol sekitar Rp4,3 juta.

Jika melihat sajian spesifikasi yang dibawakan oleh kartu memori CFast di atas, tentunya kelima kartu memori tersebut sangat recommended untuk menunjang aktivitas produksi video yang serius. Terlebih, spesifikasi dan fitur yang disajikan sangat menunjang kebutuhan videografi di berbagai kalangan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here