Channel E – Hewan melindungi dirinya dari para predator untuk bisa bertahan hidup. Ini merupakan salah satu bentuk adaptasi, selain mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adaptasi adalah perubahan diri makhluk hidup agar sesuai atau dapat bertahan dalam kondisi lingkungannya. Ada satu contoh unik adaptasi yang ingin channel e indonesia bagikan kepada teman-teman, nih.

Beberapa hewan menggunakan kemampuan alami mereka untuk melindungi diri, contohnya dengan mengembangkan tubuhnya. Jika manusia membutuhkan waktu yang lama untuk memperbesar tubuhnya, hewan-hewan ini hanya membutuhkan beberapa menit bahkan detik.

Yuk, simak ada hewan apa saja yang bisa melakukan cara unik ini!

1. Ikan Buntal

gambar istimewa

Dalam bahasa Inggris, ikan buntal disebut puffer fish. Ini karena tubuh mereka bisa melakukan puff (mengembung) seperti balon yang ditiup. Ikan buntal (Tetraodontidae), yang nama ilmiahnya diambil dari jenis racun ikan buntal yaitu tetrodotoxin.

Dengan jenis racun tersebut, ikan buntal menjadi ikan yang paling beracun di dunia. Zat tetrodotoxin ini sangat berbahaya bagi ikan lain maupun manusia dan 1.200 kali lebih berbahaya daripada racun sianida.

Selain terkenal karena beracun, ikan buntal juga terkenal dengan kemampuan alaminya untuk mengembungkan tubuhnya. Ketika dalam keadaan merasa terancam, ikan buntal bisa menggembungkan tubuhnya dan menjadi lebih besar tiga kali lipat dari ukuran sebenarnya.

Lalu, duri-duri kasar pada tubuhnya juga akan menonjol dan mengeluarkan racun jika tertusuk duri ini. Ikan buntal melakukan ini dengan cara  menelan air sebanyak-banyaknya untuk memperoleh ukuran tubuh yang lebih besar.

2. Ular Puff Adder

gambar istimewa

Di Afrika terdapat spesies ular yang sering dikenal dengan nama puff adder, mereka berbisa dan berbahaya.

Kate Jackson, seorang dari Whitman College menjelaskan bahwa ular puff adder ini juga memiliki kemampuan mengembung seperti ikan buntal. Ular puff adder hanya akan memperbesar ukuran tubuhnya ketika dalam keadaan benar-benar terancam.

Mereka bisa melakukan ini dengan cara mengisi paru-parunya dengan banyak udara hingga ukurannya semakin besar. Saat terancam, ular puff adder akan membusungkan tubuh agar tubuhnya lebih besar, sambil mendesis.

Dengan cara inilah, predator atau manusia yang mengancam keberadaan ular puff adder akan merasa takut dan kemudian menghindar. Hewan-hewan tersebut telah membuktikan bahwa kemampuan hewan melindungi dirinya sendiri begitu menakjubkan. Beberapa hewan mungkin tidak diberi kemampuan otak dan pikiran sepandai manusia, namun mereka dilengkapi kemampuan tubuh yang tidak dimiliki manusia manapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!