daun sirih
gambar istimewa

Channel E- Daun sirih menjadi salah satu tanaman herbal yang biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.
Manfaat daun sirih banyak digunakan untuk obat herbal. Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. Memiliki manfaat beragam, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.
Berikut ini beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh;

Mengatasi masalah jerawat

gambar istimewa
jerawat

Masalah jerawat memang menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Penyebab jerawat tentu sangat beragam mulai dari produksi minyak berlebih hingga adanya infeksi bakteri. Cara untuk mengatasi jerawat yang membandel bisa dengan menggunakan rebusan daun sirih karena mengandung tanin, flavonoid, dan saponin yang sifatnya antibakteri.

Mengobati luka ringan

gambar istimewa
luka ringan
di area wajah Luka gores biasanya sering terjadi di area wajah, penyebabnya tentu sangat beragam mulai dari tidak sengaja teragaruk atau penyebab lainnya. Luka gores yang tidak segera diobati bisa saja menyebabkan infeksi karena bakteri dengan mudah masuk ke lapisan kulit melalui luka. Untuk menyembuhkan luka tersebut, bisa dengan menggunakan sirih hijau. Hal ini dikarenakan sirih mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang memiliki sifat anti bakteri.

Mengobati alergi

Foto Istimewah
alergi
Alergi gatal-gatal bisa juga dirasakan hingga ke area muka. Tentu saja kondisi ini sangat menggangu siapa saja yang merasakan. Untuk mengatasi alergi ini, Anda bisa menggunakan campuran daun sirih dengan kunyit, kemudian menjadikannya masker. Senyawa aktif di dalam sirih dan kunyit juga dipercaya bisa meredakan alegi gatal pada wajah.

Jangan lupa nonton youtube kami di  “Channel E Indonesia”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!