Home Flora Dan Fauna 3 Fakta Menarik Monyet yang Jarang Diketahui!

3 Fakta Menarik Monyet yang Jarang Diketahui!

3 Fakta Menarik Monyet yang Jarang Diketahui!

Channel E – Dalam klasifikasi ordo biologi, manusia ternyata sangat dekat dengan golongan primata dan itu membuat kita sedikit banyak masih bersaudara dengan monyet. Bahkan teori evolusi yang dikemukakan Charles Darwin menyebutkan bahwa manusia zaman sekarang merupakan hasil evolusi kera kuno. Walaupun terdapat teori yang menjelaskan mengapa kita sebenarnya sangat dekat dengan monyet, faktanya kita cukup asing dengan kehidupan mereka. Sebagai contoh, apakah kamu mengerti mengapa lebih banyak monyet yang hidup di pohon ketimbang di tanah? Para pakar banyak melakukan penelitian seputar kehidupan kera dan monyet dan menemukan beberapa fakta unik terkait mengapa monyet jarang diketahui dan kera berhubungan erat dengan pepohonan. Berikut ini fakta-fakta unik terkait mereka dan penjelasannya.

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

Evolusi membuat banyak monyet makan daun dan buah 

Berbicara tentang makhluk hidup, maka mau tak mau kita harus berbicara tentang evolusi. Faktanya evolusi banyak mengubah bentuk tubuh monyet hingga sedemikian rupa dan salah satu perubahan itu tampak pada sistem pencernaan mereka. Demi bertahan hidup, banyak jenis monyet berakhir menjadi pemakan tumbuh-tumbuhan dan buah.

Berdasarkan buku Pustaka Alam-Life, monyet yang memakan daun dan buah termasuk dalam golongan Kolobus dan lutung. Ciri khas dari golongan monyet ini adalah memiliki perut yang besar. Ciri khas tersebut terjadi karena permasalahan nutrisi yang terdapat pada daun, bahwa daun tidak memiliki banyak kandungan, sehingga para monyet tersebut harus memakan begitu banyak daun.

Saat kenyang, lambung monyet yang dalam golongan kolobus dan lutung itu bisa membesar hingga seperempat tubuh mereka. Akibat hal tersebut, para pengamat hewan sering kali kebingungan membedakan mana betina yang sedang mengandung dan mana betina yang sudah makan kenyang.

Mereka yang tinggal di pepohonan memiliki ciri khas tubuh yang ramping 

Tentu saja jika berbicara tentang memakan daun, kehidupan para monyet menjadi tidak bisa dipisahkan dari pepohonan. Demi bisa memperoleh dedaunan dan buah-buahan tersebut, banyak monyet mengalami perubahan bentuk tubuh menjadi lebih ramping dan ringan. Tak hanya itu, seringnya tubuh monyet pepohonan tampak panjang pada lengan dan tungkainya, mengingat mereka bergerak di pepohonan dengan menggunakan organ tersebut.

Bayaran dari bentuk tubuh yang ringan terdapat sifat monyet-monyet tersebut. Jika diperhatikan, monyet kolobus dan lutung punya watak penakut dan akan menanggapi bahaya dengan melarikan atau menyembunyikan diri ketimbang menyerang balik. Sebaliknya, secara kecepatan mereka sangat lincah sehingga sangat susah ditangkap.

Monyet yang tinggal di tanah punya tubuh yang kekar 

Berbeda lagi dengan para monyet yang hidup di tanah dan jarang tampak di pepohonan. Monyet-monyet tanah ini punya tubuh yang besar dan kekar. Mereka tidak lincah mengingat struktur tubuhnya tidak mendukung melakukan aktivitas tersebut. Bahkan beratnya bisa mencapai lebih dari 50 kg. Ambil contoh jenis monyet tersebut adalah babun dan gorila.

Ada alasan mengapa bentuk tubuh itu bisa terjadi pada kalangan monyet darat. Tidak seperti monyet pepohonan yang bisa melarikan diri dengan mudah dari para pemangsa dengan bergelantungan di antara pepohonan, monyet darat tidak mampu melakukan itu.

Sebagai gantinya, mereka mempersiapkan diri dengan tubuh besar agar bisa melawan balik pemangsanya tersebut. tidak jarang pula, para monyet darat dipersenjatai dengan taring besar dan tajam agar bisa melukai pemangsanya hingga kondisi parah.

Seperti monyet pepohonan, akibat perubahan bentuk tubuh ini beberapa monyet darat memiliki sifat yang agresif. Mereka tak akan sungkan untuk menyerang makhluk hidup lain yang masuk dalam lingkungannya. Tidak jarang akibat cara bertahannya tersebut, para monyet darat mengalami luka besar. Ini memunculkan solusi baru bagi monyet darat: wajah seram dan penampilan menakutkan demi menggertak pemangsanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here