Home Herbal 7 Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan

7 Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan

0
7 Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan

Channel E– Manfaat bunga telang ungu banyak sekali. Salah satunya bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Tanaman merambat ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, sampai antidiabetes.

gambar istimewa

Mengurangi Garis Halus pada Kulit

Bunga telang mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Zat ini sangat baik untuk menyamarkan garis halus pada kulit, terutama bagian wajah.

Supaya manfaat bunga telang ini terlihat dengan jelas, minumlah teh bunga telang secara rutin. Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa jenis bunga telang dapat mengurangi iritasi kulit. Bagi kamu yang tengah beralih dari skincare buatan ke skincare alami, boleh banget mencoba bunga telang ini.

Dapat Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit sehingga warna kulit tidak merata.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

Mengurangi Kemerahan pada Kulit

Kemerahan pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari mulai iritasi, jerawat, ataupun karena kulit kering. Mengoleskan krim atau masker yang mengandung bunga telang dapat membantu mengurangi kemerahan karena jerawat yang meradang, mengatasi kulit kering dan iritasi secara umum.

Mencegah penuaan dini.

Kandungan antioksidan dalam bunga telang tak hanya mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker kulit namun juga efektif untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Aktivitas antioksidan bunga telang yang diekstraksi dengan berbagai prosedur dan pelarut pada sejumlah penelitian.

Jika jumlah radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit, akan terjadi proses penuaan dini di kulit dengan cara mengurangi produksi kolagen, menghambat proses perbaikan alami kulit, dan memicu peradangan.

Di sinilah peran manfaat bunga telang ungu dari antioksidan dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E agar kulit dapat meningkatkan produksi kolagennya. Jadi dapat dipastikan bahwa manfaat bunga telang ungu efektif mengatasi masalah penuaan dini.

Menenangkan kulit yang iritasi.

Sebuah studi tahun 2018 tentang bunga telang dalam pengembangan masker wajah menemukan bahwa, bunga telang dapat membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit. Zat yang membuat warna ungu kebiruan dalam tanaman tersebut memiliki sifat mendinginkan kulit. Sehingga kulit yang iritasi lebih terasa tenang.

Mencegah kanker kulit.

Pada dasarnya, kulit yang cantik bermula dari kulit yang sehat. Salah satu manfaat bunga telang yakni dapat mencegah kanker kulit karena kandungan antioksidannya yang dapat berperan menangkal radikal bebas. Antioksidan dapat menghalau pembentukan dan menetralkan radikal bebas jika telah terbentuk.

Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, C, dan E, memiliki sifat antikarsinogenik yang dapat membantu mencegah timbulnya kanker. Tentunya, manfaat bunga telang ungu untuk kulit yang satu ini tak dapat diremehkan.

Satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak manfaat bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

Melembapkan kulit.

Bunga telang dapat menjaga dan mengembalikan kelembapan alami pada kulit sehingga kulit tidak mengalami kekeringan. Bunga telang dapat meningkatkan retensi kelembapan serta membantu meningkatkan pergantian sel kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here