Home Herbal Manfaat Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Talas Untuk Kesehatan Tubuh

0
Manfaat Talas Untuk Kesehatan Tubuh

Channel E– Talas adalah jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika, dan Asia. Di Indonesia, tumbuhan yang bernama latin Colocasia esculenta ini merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat, mulai dari bolu, keripik, kolak, bubble tea, hingga es campur.

talas mengandung aneka zat yang berguna bagi tubuh. Daun talas mengandung polifenol. Kulit batangnya yang sangat tipis bisa dijadikan sebagai pembalut luka. Bagian batangnya mengandung saponin. Tak hanya itu, secara keseluruhan tanaman ini juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan juga vitamin. Hanya bagian akar talas saja yang hingga saat ini menjadi perdebatan terkait kandungan dan juga manfaatnya bagi kesehatan.

gambar istimewa

Mengobati Diare

Diare merupakan gangguan percernaan yang disebabkan oleh bakteri E.Collie. untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan 30 granm batang talas dan 30 gr patikan kebo. Cuci semua bahan dan potong kecil-kecil. Setelah itu, rebus semua bahan bersama 2 hingga 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah itu, saring dan minum dua kali sehari selagi hangat, yaitu pada pagi dan sore hari.

Mengobati Disentri

Disentri merupakan infeksi usus yang ditandai dengan berak bercampur lendir atau darah. Disentri biasanya juga disertai dengan rasa mulas, mual, demam dan juga kram perut.

Untuk mengatasi disentri, Anda hanya memerlukan 20 gram pangkal batang talas segar dan rebus bersama 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu, saring lalu tambahkan gula seperlunya. Minum selagi hangat setiap hari hingga disentri sembuh.

Menobati Biduran

Khasiat talas untuk mengobati biduran bisa Anda ambil dari bagian akarnya. Caranya, ambil 30 gram akar talas lalu cuci hingga bersih. Rebus akar talas bersama iga sapi hingga iga matang. Minum air rebusan selagi hangat dan makan iga yang telah direbus tadi setelahnya.

Mengobati Radang Ginjal

Untuk mengobati radang ginjal Anda membutuhkan umbi talas. Siapkan ½ kg umbi talas dan kupas kulitnya. Setelah itu, iris tipis dan jemur hingga kering. Langkah selanjutnya adalah menyangrai umbi talas yang sudah kering hingga matang. Setelah itu, giling hingga menjadi bubuk halus.

Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan setengah sendok teh bubuk umbi talas bersama satu gelas air hangat. Minum ramuan ini 1-2 gelas sehari hingga radang ginjal sembuh.

Mengobati Nyeri Otot Dan Sendi

Khasiat batang talas selanjutnya adalah untuk mengobati nyeri otot dan sendi. Cara mengambil manfaatnya adalah dengan mengambil batang talas yang dekat dengan akar. Kupas kulit luarnya lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, tambahkan satu sendok cuka beras. Aduk rata lalu gunakan campuran ini untuk mengolesi otot dan sendi yang terasa nyeri.

Mengobati Kanker

Batang talas mengandung saponin. Saponin merupakan sejenis glikosida yang mampu melawan sel kanker tanpa mengganggu aktivitas sel yang sehat.

Antioksidan

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan saponin pada batang talas tak hanya berfungsi sebagai antimutagenetik, akan tetapi dapat pula menghambat kerusakan DNA dan berfungsi sebagai antioksidan. Oleh karena itu, mengkonsumsi batang talas juga dapat menangkal efek buruk dari lingkungan.

Mengobati Diabetes Tipe II

Kandungan saponin pada batang talas terbukti dapat meningkatkan homeostasis glukosa melalui peningkatan sensivitas insulin. Oleh karenanya, mengkonsumsi talas sebagai menu harian dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe II.

Baik Untuk Sistem Pencernaan

Batang talas merupakan salah satu asupan serat terbaik. Tak hanya itu, setiap 100 gram umbi talas mengandung sekitar 4,1 gram serat atau setara dengan 11% kebutuhan serat harian.

Mengobati Bisul

Getah yang keluar dari batang talas dapat digunakan untuk mengobati bisul. Tak hanya itu, getah talas ini juga dapat meredakan rasa nyeri dan juga menghentikan peradangan. Sayangnya, sebagian orang yang memiliki kulit sensitif akan merasakan gatal ketika terkena getah talas. Karenanya, coba oleskan getah talas ke bagian kulit yang sehat sebelum mengoleskannya pada bisul.

Cara mengkonsumsi akar talas

Teh talas : Blender talas atau gunakan bubuk talas, campur dengan susu, dan tambahkan mutiara.

Akar talas tumbuk: Cukup kupas dan kukus akar talas lalu tumbuk, tambahkan air secara bertahap sampai halus dan lengket.

Pancake talas : Masukkan bubuk talas ke dalam adonan pancake untuk membuat hotcakes empuk.

Keripik talas: Iris talas dengan tipis-tipis dan panggang atau goreng menjadi keripik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here