Home Gaya Hidup Cegah Menstruasi Tidak Teratur dengan Melakukan Pose Yoga ini!

Cegah Menstruasi Tidak Teratur dengan Melakukan Pose Yoga ini!

0
Cegah Menstruasi Tidak Teratur dengan Melakukan Pose Yoga ini!

Menstruasi merupakan elemen penting bagi tubuh setiap perempuan. Salah satu permasalahan terkait menstruasi yang kerap dihadapi perempuan, yakni jadwal yang tidak teratur. Banyak faktor yang bisa membuat jadwal menstruasi datang tak teratur. Mulai dari stres, kelelahan, kecemasan, hingga pola gaya hidup.

Jika Anda mengalami menstruasi yang tak teratur, mungkin bisa coba olahraga yoga. Khususnya mencoba empat pose yang disarankan ahli gizi Nicky Sagar berikut ini. Mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Gerakan yoga dipercaya dapat menjadi pengobatan efektif untuk masalah menstruasi. Sebuah penelitian meneliti hal ini pada 126 peserta yang melakukan yoga rutin dengan durasi 35-40 selama 5 hari per minggu.

Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa rutinitas tersebut mampu menyeimbangkan hormon sehingga mencegah siklus haid berantakan. Oleh karena itu, gerakan yoga bisa mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, yoga juga dapat mengurangi rasa sakit saat PMS.

Pose kobra

gambar istimewa

Pose dilakukan dengan berbaring tengkura, letakkan tangan di samping pinggang. Selanjutnya, perlahan-lahan mengangkat dada dan kepala sambil memberikan tekanan pada bagian tangan. Pertahankan posisi ini hingga 10 hitungan dan perlahan lepaskan postur tubuh untuk kembali ke posisi semula. Pose ini disebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem reproduksi.

Pose unta

gambar istimewa

Alias pose Ustrasana adalah pose yang membantu meredakan nyeri punggung bawah. Caranya, duduk berlutut dengan kaki terpisah. Lalu perlahan tekuk ke belakang sambil memegang tumit. Gerakkan kepala dan leher Anda dengan pelan ke arah belakang. Tahan posisi selama 15 detik dan lepaskan perlahan. Pose unta ini membantu meningkatkan kesehatan organ dalam.

Pose lumba-lumba

gambar istimewa

Biasa disebut Ardha Pincha Mayurasana ini, caranya letakkan lengan bawah di atas matras yoga dan jaga posisi siku agar tetap di bawah bahu. Beri jarak antara kaki satu sama lain dan jari-jari kaki menghadap ke depan. Perlahan angkat lutut dari lantai, pelan-pelan menuju ke arah dada lalu tahan posisi selama 15 detik. Bermanfaat meringankan gejala menopause, meredakan kelelahan, sakit kepala, sakit punggung dan mengurangi nyeri haid.

Balasana

gambar istimewa

Bertujuan untuk meregangkan banyak bagian tubuh. Letakkan tangan dan lutut di atas matras yoga, dengan lutut sedikit terpisah. Lalu pelan-pelan mulai turunkan pinggul dan dahi ke arah matras yoga.

Posisikan kepalan tangan di bawah dahi. Terus tekan perut ke paha sambil bernapas perlahan dan tahan posisi ini selama hitungan 10-15 napas. Pose ini disebutkan bisa bantu meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran dan melemaskan otot tubuh serta mengurangi kram menstruasi.

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi menstruasi Anda yang tidak teratur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat menyarankan pengobatan yang dapat dilakukan dan mengetahui alasan dibalik siklus haid Anda yang tidak teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here