Home Gaya Hidup Makanan Sehat untuk Kelinci agar Berkembang Biak dengan Baik

Makanan Sehat untuk Kelinci agar Berkembang Biak dengan Baik

0
Makanan Sehat untuk Kelinci agar Berkembang Biak dengan Baik

Kelinci merupakan salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Hewan ini seringkali menjadi pilihan untuk dipelihara di rumah selain kucing, burung,atau anjing. Hewan yang satu ini sangat identik dengan makanan wortel.

Namun, ternyata banyak pilihan makanan lain yang tentunya bergizi dan sehat untuk kelinci, lho. Makanan ini menjadi variasi makanan untuk membuat kelinci menjadi lebih sehat. Untuk kamu yang ingin memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayanganmu, simak daftar makanan untuk kelinci yang bisa menjadi pilihan. Simak selengkapnya.

Bahan-bahan makanan untuk kelinci rata-rata bisa kamu temukan di lingkungan rumah atau di pasar dengan mudah. Selain menyehatkan, daftar makanan ini tentunya akan memberikan vitamin yang berlimpah untuk kelincimu.

Kangkung

gambar istimewa

Sayuran adalah alternatif makanan untuk kelinci yang tak kalah baik untuk gizi kelinci. Namun, tak semua sayuran bisa kamu berikan pada kelinci peliharaan. Salah satu sayur yang disukai kelinci dan juga baik untuk nutrisinya adalah sayur Kangkung. Meskipun bergizi, pastikan kamu selalu memberikan variasikan sayuran pada makanan kelinci untuk memastikan keseimbangan gizi dan nutrisi kelinci.

Seledri

gambar istimewa

Selain Kangkung, sayuran lain yang bisa kamu kombinasikan dalam menu makan kelinci kesayangan adalah seledri. Tak hanya kaya akan vitamin, seledri juga mengandung banyak nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan kelinci. Tekstur batang seledri yang renyah juga merupakan salah satu alasan kelinci sangat menggemari sayuran hijau satu ini.

Selada

gambar istimewa

Tak kalah menyegarkan dan menyehatkan dari sayur-sayuran sebelumnya, ada pula Selada yang bisa jadi pilihan untuk makanan sehat kelinci selanjutnya. Kaya akan mineral dan vitamin, selada bisa kamu variasikan bersama seledri, kangkung, ataupun makanan kelinci lainnya untuk memperkaya asupan gizi kelinci kesayangan.

Buah Pepaya

gambar istimewa

Selain sayur-sayuran, buah-buahan adalah pilihan makanan untuk kelinci yang juga menyehatkan. Salah satu buah-buahan yang bisa kamu berikan pada kelinci adalah pepaya. Kaya serat dan vitamin, buah pepaya tak cuma mudah didapatkan namun juga baik untuk pencernaan kelinci.

Buah Apel

gambar istimewa

Apel adalah buah-buahan lain yang juga disukai oleh kelinci. Untuk penuhi asupan vitamin kelinci, kamu bisa tambahkan potongan buah apel baik apel hijau ataupun apel merah pada menu makanan kelinci. Namun, pastikan apel yang kamu berikan dalam keadaan segar dan bebas dari pestisida agar kelinci justru tidak terjangkit gangguan kesehatan.

Tomat

gambar istimewa

Tomat adalah makanan yang kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang tak cuma baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan kelinci, namun juga bisa membantu tumbuh kembang kelinci yang masih anak-anak. Jadi, untuk kelinci kamu yang masih kecil, tak ada salahnya tambahkan sebuah tomat dalam menu makan kelinci setiap harinya.

Kol

gambar istimewa

Alternatif makanan untuk kelinci selanjutnya yang kalah sehat dan juga digemari kelinci adalah kol, atau yang sering juga dikenal dengan nama kubis. Baik kubis hijau atau kubis ungu, kedua sayuran ini bisa kamu jadikan variasi menu makan agar si kelinci tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Brokoli

gambar istimewa

Satu lagi makanan kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kelinci adalah sayur brokoli. Tak cuma menyehatkan, brokoli sendiri termasuk salah satu pilihan sayur yang bisa kamu jadikan menu makanan pada kelinci bersama sayur-sayuran lainnya. Serat pada brokoli ini juga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan pada kelinci.

Wortel

gambar istimewa

Pilihan makanan untuk kelinci yang terakhir tentu saja wortel. Kesukaan kelinci pada makanan satu ini bukanlah mitos belaka karena kelinci memang sangat menggemari umbi-umbian satu ini. Tak cuma disukai, asupan wortel ternyata juga baik untuk kesehatan kelinci karena kandungan gizi yang dimilikinya.

Ternyata, ada banyak ya pilihan makanan untuk kelinci yang sehat dan bergizi. Bukan hanya memperhatikan yang perlu dikonsumsi, kamu juga harus tahu bahan makanan yang harus dihindari kelinci. Demi kesehatan kelincimu, hindari untuk memberikan pakan biji buah, daun kentang, bawang-bawangan, cookies, alpukat atau yogurt.

Selain pakan, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan kelinci, mulai dari kandang kelinci, hingga obat dan vitamin kelinci ya semuanya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here