Home Herbal Manfaat Patikan Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Patikan Untuk Kecantikan Wajah

0
Manfaat Patikan Untuk Kecantikan Wajah

Channel E– Mungkin Anda pernah melihat tanaman patikan kebo di sekitar pekarangan rumah dan kebun. Patikan kebo disebut juga dalam bahasa lain patikan kerbau, fei yang cao, atau euphorbia hirta. Tanaman ini telah lama digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, manfaat daun patikan kebo untuk eksim, dan penyakit mata belekan atau glaukoma.

Patikan kebo dipercaya mempunyai senyawa antiinflamasi, diuretik dan anti pruritic yang bisa menghilangkan gatal. Manfaat daun patikan kebo untuk eksim dan sebagai obat menyembuhkan asma telah digunakan sejak dahulu. Patikan kebo termasuk tanaman gulma, rumput liar yang biasanya mengganggu di kebun, seperti tanaman anting-anting untuk obat kulit. Tidak banyak orang yang mengetahui tanaman ini, sehingga biasanya dibuang dan dimusnahkan dengan pestisida.

gambar istimewa

Menyehatkan kulit

Daun Euphorbia ternyata bisa digunakan untuk membantu mengobati iritasi pada permukaan kulit Anda.Kandungan antioksidan pada daun patikan kebo mampu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang aliran darah ke kulit. Hal tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat menumbuhkan sel-sel baru.

Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan salep atau krim dengan kandungan daun patikan kebo untuk kulit yang lebih sehat. Daun yang satu ini juga diketahui dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Meredakan gatal pada kulit.

Daun patikan kebo ini dapat meredakan gatal pada kulit, daun ini bisa dijadikan obat oleh pada kulit yang gatal.gatal-gatal pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya alergi, infeksi kulit, kurang menjaga kebersihan, terkena jamur dan tergigit suatu serangga.

Guna melawan gatal-gatal tak harus ke dokter spesialis kulit maupun membeli obat berbahan kimia.sebagian bahan alami dari tanaman berkhasiat obat diyakini dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk gatal-gatal.

Selain sudah dibudidayakan seperti di kebun herbal, tanaman berkhasiat untuk melawan gatal-gatal juga mudah diperoleh di alam tanpa harus membeli.Dengan izin Yang Maha Penyembuh, ketika memanfaatkan bagian daun tanaman patikan kebo, gatal-gatal bisa segera teratasi.Resep sederhananya cukup memanfaatkan daun patikan kebo masih segar sebanyak 40 gram. Bahan alami ini dicuci bersih menggunakan air mengalir.

Efek samping penggunaan daun patikan kebo

Walaupun belum ada penelitian yang benar-benar memastikan efek samping dari tanaman ini, mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan mual dan muntah.

Selain itu, menyentuh Euphorbia dengan tangan telanjang bisa menyebabkan kulit iritasi dan menimbulkan reaksi alergi. Itu sebabnya, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan saat hendak mengolah tanaman ini.

Selain itu, tanaman ini juga tidak dianjurkan sebagai obat tradisional untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenakan daun patikan kebo dapat menyebabkan kontraksi pada rahim, sehingga berpotensi keguguran.

Daun patikan kebo memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, belum semua khasiatnya teruji pada manusia. Oleh karena itu, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum memakainya agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here