29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

Pesona Curug Putri Palutungan di Kuningan

Berbicara wisata alam di Jawa Barat tidak akan pernah ada matinya. Letak geografis yang didominasi oleh gunung dan perbukitan membuat Jawa Barat kaya akan wisata alam. Curug Putri Putulungan adalah salah satu wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Air terjun yang jernih serta pemandangan alam dan suasana yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri.

Nama curug ini sendiri diambil dari bentuk curug yang menyerupai seorang puteri lengkap dengan gaun yang dipakai. Palutungan sendiri berasal dari kata Lutung dalam bahasa Sunda yang berarti kera yang menempati wilayah curug tersebut.

Lokasi curug yang berada tepat di bawah gunung Ceremai membuat suasana asri pegunungan sangat kental. Semilir angin gunung dan percikan air curug menambah ketenangan hati dan menghilangkan stres setelah lelah beraktivitas. Berbagai fasilitas telah tersedia jika anda tertarik untuk melakukan aktivitas bersama keluarga atau sahabat di sini.

Daya Tarik Curug Putri Palutungan

Beragam pilihan destinasi wisata di Jawa Barat saat ini tidak lantas membuat Curug Putri Palutungan kehilangan pamornya. Wisata alam ini seakan tidak lekang oleh zaman. Pesona wisata cantik ini menjadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan yang berkunjung. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik wisata alam ini:

Keindahan Alam Air Terjun

curug putri palutungan

Tidak dapat dielakkan lagi pesona keindahan alam wisata curug cantik ini. Suasana yang masih asri dan sejuk serta pemandangan yang hijau tampak sangat indah dan segar. Untuk sampai ke curug, pengunjung akan berjalan sekitar 10 hingga 15 menit. Di tengah perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Bentuk Air Terjun yang Menyerupai Putri

curug putri palutungan

Curug Putri Palutungan tidak lepas dari adanya mitos masyarakat setempat. Bentuk Curug yang menyerupai putri dengan gaun yang menghiasi badannya memiliki cerita misteri. Konon bentuk putri yang tengah berdiri lengkap dengan gaun adalah seorang putri cantik yang dulu menunggu daerah tersebut.

Baca Juga :  Tips Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik Dan Bersih

Misteri putri cantik tersebut semakin membuat wisatawan penasaran. Mitos tersebut akhirnya menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Curug cantik ini. Tidak hanya untuk berlibur saja, ada juga pengunjung yang datang dan mandi karena ingin mendapat jodoh hingga pekerjaan. Aktivitas tersebut banyak dilakukan jika menjelang bulan puasa tiba.

Dekat dengan Bumi Perkemahan

curug putri palutungan

Letak curug yang berada tepat di bawah bumi Perkemahan menjadi daya tarik wisatawan. Bagi pengunjung yang merasa belum puas menikmati keindahan alam bumi palutungan dapat menginap di Bumi Perkemahan.

Anda akan disuguhkan sensasi tidur di alam bebas dengan diselimuti rindangnya pinus yang tinggi dan menjulang dan ditemani suara percikan air dari Curug menambah kental suasana tenang dan damai.

Spot Foto Cantik

curug putri palutungan

Keindahan Curug Putri ini memang selalu menjadi incaran objek foto bagi para pecinta fotografi. Bentuk curug yang elegan sangat cocok jika dijadikan background foto untuk mempercantik isi galeri anda.

Tidak hanya pemandangan curug saja, anda juga bisa mengambil beberapa spot foto seperti pemandangan pohon pinus, gunung, dan spot foto keren di atas ATV. Suasana alam yang masih asri cocok untuk dijadikan tema pemotretan bernuansa alam.

Alamat dan Cara Menuju Lokasi

Curug cantik ini berada di Desa Cisantana, kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Wisata air terjun yang buka pukul 07.00-17.30 ini berada tepat di kaki Gunung Ceremai yang merupakan jalur pendakian menuju puncak Ceremai. Jalur pendakian melalui curug ini terkenal lebih mudah dibanding jalur pendakian lainnya.

Wisata asri ini dapat dicapai dengan melalui jalur Jalan Raya Cirebon-Kuningan. Setelah anda memasuki rute tersebut, anda dapat mengambil arah ke kiri arah Cigugur sebelum terminal kuningan. Anda hanya perlu mengikuti jalur menanjak yang menuju ke Desa Cisantana.

Baca Juga :  5 Pantai Paling Cantik di Kalianda Lampung

Sesampainya di Resort Taman Nasional Gunung Ceremai, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit lagi untuk sampai di gerbang masuk kawasan Bumi Perkemahan Palutungan. Setelah sampai di pintu masuk kawasan wisata alam ini, pengunjung akan berjalan kaki untuk menuju ke curug cantik itu.

Selama perjalanan menuju curug, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang sangat asri, ditemani dengan udara yang sejuk dan hiasan pepohonan berdaun merah menambah keindahan bak musim semi di Eropa.

Sekitar 10 menit dari pintu masuk, anda akan bertemu dengan jembatan besi yang melintang sebagai akses masuk ke Curug Putri Palutungan. Sesampainya di pintu masuk Curug, anda akan dikenakan biaya untuk pembayaran tiket masuk ke Curug serta kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung juga dapat menggunakan moda transportasi umum untuk menuju ke tempat wisata indah ini. Dari Cirebon, anda hanya perlu naik angkot jurusan Kuningan, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik angkot Kuningan-Palutungan.

Nah, itulah daya tarik dari curug putri palutungan di Kuningan dan lokasi keberadaan curug putri palutungan ini.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles