29.9 C
Jakarta
Wednesday, April 10, 2024

Profil Habib Luthfi bin Yahya, Ulama yang Kini Ramai Diperbincangkan

Kehadiran Habib Luthfi bin Yahya dalam acara deklarasi Prabowo – Gibran di Indonesia Arena GBK, Jakarta pada Rabu, (25/10/2023) menarik perhatian banyak orang. Namanya mungkin belum begitu dikenal, bahkan masih asing di telinga.

Habib Luthfi bin Yahya juga memimpin doa kepada pasangan capres dan cawapres ini sebelum bertolak ke KPU untuk mendaftarkan diri.

Salah satu ucapan Habib Luthfi bin Yahya yang banyak disorot adalah saat ia diminta pendapat tentang sosok cawapres muda, Gibran Rakabuming Raka.

“Tepat Pak Prabowo mengangkat Mas Gibran sebagai wakil presiden,” ucap Habib Luthfi bin Yahya. Sejak itulah, sosoknya terus menjadi sorotan.

Biodata Habib Luthfi bin Yahya

Habib Luthfi merupakan anak dari pasangan Al Habib Al Hafidz ‘Ali Al Ghalib bin Hasyim bin Yahya dan Sayidah Al Karimah As Syarifah Nur bin Muhsin.

Beliau dilahirkan di Pekalongan, Jawa Tengah pada 10 November 1947 dengan nama lengkap Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya.

Habib Luthfi menikah dengan syarifah Salma bin Hasyim bin Yahya dan dikarunia lima orang anak, yaitu Syarif Muhammad Bahauddin, Syarifah Zaenab, Syarifah Fathimah, Syarifah Ummi Hanik, dan Sayyid Muhammad Husain Syarif Hidayatullah.

Selama hidupnya, Habib Luthfi terus menimba ilmu agama dan berguru pada ulama dan guru besar.

Dari guru-gurunya dan setiap perjalanan menimba ilmu keagamaan, Habib Luthfi mendapatkan ijazah Khas (khusus) dan‘Am (umum) dalam berbagai bidang, termasuk bidang dakwah, nasyru syari’ah, tasawuf, dan lain sebagainya.

Keturunan Nabi Muhammad SAW

Sejak namanya banyak dibicarakan, banyak yang mencari tahu latar belakang Habib Luthfi Bin Yahya dan mempertanyakan, apa benar beliau adalah keturunan Nabi Muhammad SAW.

Berdasarkan garis keturunannya, baik dari ayah maupun ibundanya, Habib Luthfi bin Yahya merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW dari nasab Sayidatina Fatimah az-Zahra dan Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib.

Dilihat dari jalur Ibu, Habib Luthfi adalah keturunan ke-35 Nabi Muhammad SAW, dan merupakan keturunan ke-37 dari jalur sang Ayah.

Pimpinan Forum Sufi Dunia

Habib Luthfi terpilih secara aklamasi sebagai pimpinan forum sufi dunia yang diadakan pada kegiatan Indonesia World Sufi Forum di Pekalongan, Jawa Tengah tahun 2019 lalu.

Acara yang waktu itu diadakan di Pekalongan juga mendapatkan pujian dari Ketua Panitia Konferensi Bidang Luar Negeri, Habib Ali Hasan Al-Bahar.

Beliau mengatakan bahwa Indonesia telah mengukir prestasi baru karena menjadi tuan rumah forum internasional. Setidaknya, ada lebih dari 80 ulama sufi dari 37 lebih negara yang menghadiri konferensi ulama sufi internasional di Pekalongan ini.

Mendapat Penghargaan Dharma Pertahanan Utama

Melalui akun Instagram.com/habibluthfibinyahya diketahui bahwa beliau mendapatkan penghargaan Dharma Pertahanan Utama yang diberikan langsung oleh Prabowo Subianto (25/9).

Habib Luthfi mendapatkan penghargaan yang berupa medali dan piagam. Beliau mendapatkan penghargaan tersebut karena Habib Luthfi telah bekerja sama memberikan kontribusi dalam membantu kelancaran program bidang pertahanan.

Bagi Habib Luthfi, penghargaan ini menjadi tanggung jawab lebih untuk mengemban amanah dalam mempertahankan NKRI.

Prestasi Habib Luthfi sebagai Ulama

Menjadi sosok yang dihormati karena keilmuannya, Habib Luthfi juga terus mendapat kepercayaan untuk mengemban banyak peran penting.

Habib Lutfi merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama yang menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah (2005-2010).

Beliau juga menjadi salah satu Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dengan masa jabatan 2019-2024.

Bukan itu saja, Habib Luthfi dinobatkan sebagai salah satu tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023 oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC).

Dilansir dari jatman.or.id, habib Luthfi menempati posisi ke-30 secara umum, dan urutan ke-18 pada kategori cendikiawan atau penceramah.

Selain Habib Luthfi, ada juga nama Presiden Jokowi dan Gus Yahya yang dinobatkan sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2023.

Sosok Habib Luthfi bin Yahya adalah ulama yang patut dihormati karena keilmuannya, dan sifat rendah hatinya yang membuatnya menjadi sosok ulama karismatik.

Demikianlah profil Habib Luthfi bin Yahya, melihat sepak terjangnya yang tak pernah berhenti mendalami agama Islam, sosoknya patut dijadikan suri tauladan untuk kita semua. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles