28 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

Sejarah Palestina Hingga Dijajah Israel

Palestina adalah sebuah wilayah yang memiliki sejarah yang panjang dan kompleks. Wilayah ini telah menjadi pusat perhatian dunia karena konflik yang terus berlanjut antara Palestina dan Israel. Untuk memahami konflik ini, kita perlu melihat sejarah Palestina hingga dijajah oleh Israel.

Palestina dalam Sejarah

Sejarah Palestina dimulai ribuan tahun yang lalu. Wilayah ini memiliki nilai sejarah dan religius yang sangat penting bagi tiga agama besar dunia: Islam, Kristen, dan Yahudi. Kota suci seperti Yerusalem, Betlehem, dan Hebron terletak di Palestina dan menjadi tempat suci bagi umat agama-agama tersebut.

Pada abad ke-20, Palestina menjadi bagian dari Kekaisaran Ottoman. Namun, setelah kekalahan Ottoman dalam Perang Dunia I, wilayah ini jatuh ke tangan Inggris berdasarkan Perjanjian Sykes-Picot tahun 1916 dan Mandat Liga Bangsa-Bangsa tahun 1920. Inggris berjanji untuk mendukung pendirian negara Palestina yang merdeka.

Pembagian Palestina

Pada tahun 1947, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengusulkan pembagian Palestina menjadi dua negara: satu bagi orang-orang Yahudi dan satu lagi bagi orang-orang Arab Palestina. Usulan ini dikenal sebagai Resolusi PBB Nomor 181. Namun, orang-orang Arab Palestina menolak usulan ini, karena mereka merasa bahwa usulan tersebut tidak adil dan melanggar hak-hak mereka.

Pada tahun 1948, negara Israel diproklamirkan oleh orang-orang Yahudi, yang sebagian besar adalah imigran Yahudi dari berbagai negara. Konflik antara Israel dan Palestina pun dimulai. Negara-negara Arab sekitarnya juga turut terlibat dalam konflik ini, dengan tujuan untuk membantu orang-orang Arab Palestina dan menghentikan pendirian negara Israel.

Pendudukan Israel di Palestina

Pada Perang Arab-Israel tahun 1948-1949, Israel berhasil menguasai sebagian wilayah Palestina yang semula ditetapkan untuk negara Palestina oleh Resolusi PBB Nomor 181. Sejak saat itu, Israel terus memperluas wilayahnya melalui perang dan pendudukan.

Pada Perang Enam Hari tahun 1967, Israel berhasil merebut Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur dari Yordania. Israel juga merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dan Semenanjung Sinai dari Mesir. Pendudukan ini dikecam oleh komunitas internasional dan dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional.

Perjuangan Rakyat Palestina

Meskipun dijajah oleh Israel, rakyat Palestina tidak pernah berhenti berjuang untuk kemerdekaan dan hak-hak mereka. Mereka mengorganisir protes, mogok makan, dan demonstrasi damai untuk menentang pendudukan Israel. Organisasi-organisasi seperti Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Hamas juga berperan dalam perjuangan ini.

Upaya-upaya untuk mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina telah dilakukan selama bertahun-tahun, termasuk melalui perundingan dan inisiatif internasional. Namun, konflik ini belum menemui solusi yang memuaskan kedua belah pihak.

Masa Depan Palestina

Masa depan Palestina masih belum pasti. Banyak pihak yang berharap agar konflik ini dapat diselesaikan melalui negosiasi yang adil dan berkeadilan. Solusi dua negara, yaitu pendirian negara Palestina yang merdeka di samping negara Israel, telah menjadi tujuan yang diusulkan oleh banyak negara dan organisasi internasional.

Sejarah Palestina hingga dijajah oleh Israel adalah cerminan dari kompleksitas konflik dan perjuangan yang terus berlangsung di wilayah ini. Pemahaman yang akurat dan komprehensif tentang sejarah ini penting untuk mencari jalan menuju perdamaian dan keadilan bagi rakyat Palestina dan Israel.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles