29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

Fakta Menarik Hewan Ayam

Fakta Menarik Ayam
                                       Foto Istimewa

Ayam adalah salah satu sumber konsumsi protein terbesar di dunia. Dan juaranya adalah Amerika Serikat yang mengkonsumsi sebanyak kira-kira 42 kg per kapita per tahun. Mereka juga mengkonsumsi 95 juta lusin telur per tahun. Tetapi ternyata ayam lebih dari sekedar sumber protein dan penghasil telur saja. Ada banyak hal menarik yang tidak banyak orang tahu seputar dunia per-ayam-an. Berikut ini Fakta Menarik Hewan Ayam

1. Ayam bisa mengingat wajah

Ternyata ayam termasuk jenis hewan yang cukup cerdas. Mereka bisa mengingat dan membedakan lebih dari 100 wajah sesama ayam maupun manusia. Mereka juga bisa melihat warna dan bermimpi dalam warna warni.

2. Ayam bisa saling berkomunikasi dengan baik

Meskipun tidak sampai bisa menggunakan telepon pintar, tetapi ayam memiliki cara komunikasi yang cukup canggih. Mereka saling bertukar informasi dengan menggunakan 30 macam suara yang berbeda.

3. Ayam sudah berkomunikasi sejak di dalam telur

Kata siapa hanya manusia dan mamalia yang bisa mengajak bicara bayinya yang belum lahir? Induk ayam juga berkomunikasi dengan anak-anaknya sebelum mereka menetas. Dan anak-anak ayam itu juga bisa menjawab dari dalam telur!

4. Induk ayam adalah induk yang menjaga kehangatan

Induk ayam merawat anak-anaknya sepenuh hati. Selain mengajak “ngobrol” anak-anaknya yang belum menetas, induk ayam juga rajin membolak-balik telur-telur yang sedang dieraminya hingga 50 kali sehari untuk memastikan seluruh bagian telurnya tetap terjaga hangat.

5. Induk ayam mengajari dan melindungi anak-anaknya

Setelah anak-anaknya menetas, sang induk akan melindungi mereka dengan nyawanya. Dia berani menyerang semua pengganggu meskipun ukurannya lebih besar. Dia juga mengajari anak-anaknya apa yang bisa dimakan dan yang tidak bisa dimakan.

6. Ayam memiliki hirarki masyarakat yang jelas

Ayam jantan adalah pemimpin kelompoknya, sementara yang lain adalah bawahannya. Sebagai pemimpin kelompok, ayam jantan bertugas untuk membangunkan kelompoknya, memanggil dan memberitahu adanya makanan, mengatasi dan mencegah konflik sesama anggota kelompok, mengarahkan ayam betina untuk bertelur di kandang, dan juga melindungi keluarganya dari predator.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles