32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Fakta Menarik Hewan Harimau

Fakta Menarik Hewan Harimau
                                         Foto Istimewa

Hallo Sobat, Kalian pasti tahu kan hewan Harimau?? Berikut ini Fakta Menarik Hewan Harimau

Terkenal dengan bulu berwarna jingga dan corak hitam belang, Harimau merupakan salah satu mamalia paling ikonik yang menyimbolkan kekuatan, keindahan serta pentingnya konservasi.

Sayangnya, harimau berada di ambang kepunahannya. Terdapat banyak sekali faktor yang membuat harimau nyaris mengalami kepunahan, termasuk di antaranya adalah perdagangan hewan illegal, perburuan, kerusakan habitat dan perubahan iklim. Berdasarkan kondisi tersebut, setiap tanggal 29 Juli dirayakan sebagai Hari Harimau Sedunia untuk meningkatkan kesadaran mengenai populasi harimau yang semakin berkurang, sekaligus mendorong konservasi harimau dalam skala global.

1. Kucing terbesar di dunia

Pada umumnya, kucing besar berbobot sekitar 204 kg, namun subspesies harimau yang terbesar, Harimau Siberia dapat tumbuh hingga sepanjang empat meter dengan bobot hingga 300 kg. Hal ini dikarenakan Harimau Siberia berhabitat di wilayah sub-boreal yang sangat dingin, tubuh besarnya memungkinkan Harimau Siberia untuk menyimpan panas tubuh sehingga dapat menjaga suhu tubuhnya tetap stabil.

Harimau juga merupakan hewan karnivora darat terbesar ketiga, hanya beruang kutub dan beruang cokelat yang berukuran lebih besar dari harimau.

2. Harimau suka sekali berenang

Tidak seperti kucing rumahan yang umumnya benci air, harimau suka sekali bermain air dan mereka pun perenang yang andal! Harimau suka berendam di air untuk menurunkan suhu tubuh ketika cuaca sedang panas. Berenang juga memberikan keuntungan ketika berburu sehingga ia bisa mengejar mangsa hingga ke air dan menjebaknya di dalam air.

Harimau memiliki jari kaki berselaput yang membuatnya mampu beradaptasi dengan gaya hidup semi-akuatik. Otot-ototnya yang besar juga menolongnya mendorong tubuh dengan kuat di dalam air. Selain itu, jari kakinya yang berselaput memungkinkannya mendayung volume air yang besar dengan setiap pukulan kakinya

Baca Juga :  6 Makanan Sisa Ini Bisa Berbahaya untuk Kucing!

3. Auman harimau membuat mangsanya mematung

Dibandingkan dengan singa, harimau cenderung lebih jarang mengaum. Namun, sekalinya mereka mengaum, aumannya dapat terdengar hingga jarak tiga kilometer! Aumannya begitu keras hingga dapat membuat mangsanya kaget dan mematung untuk sesaat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles