Channel E – Golongan Buah dengan nama latin Averrhoa carambola ini termasuk dalam golongan buah-buahan tropis.Dikutip dari Healtline, buah belimbing sangat kaya nutrisi. Setiap 91 gram belimbing mengandung serat 3 gram, protein 1 gram, vitamin C 52% dari kebutuhan harian, vitamin B5 4% dari kebutuhan harian. Lalu, folat sebesar 3% dari kebutuhan harian, tembaga 6% dari kebutuhan harian, potassium sebesar 3% dari kebutuhan harian, dan magnesium sebesar 2% dari kebutuhan harian. Buah belimbing diketahui mengandung zat senyawa  yang sangat baik, termasuk quercetin, asam galat, dan epikatekin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang kuat. Dalam sebuah uji coba pada tikus, senyawa dalam buah belimbing ini telah terbukti mengurangi risiko pembentukan hati dalam hati dan kolesterol. Terlebih lagi, beberapa bukti dari penelitian pada hewan menunjukkan bahwa gula dalam buah belimbing dapat mengurangi peradangan.

Golongan manfaat belimbing

Meningkatkan metabolisme tubuh

Belimbing mengandung sejumlah besar serat makanan. Sehingga, manfaat belimbing dapat meningkatkan metabolisme tubuh dengan mencegah kembung dan kram perut. Hal ini membantu mengatur pergerakan usus. Vitamin B dalam buah memastikan untuk mempertahankan tingkat enzim normal.

Meningkatkan kualitas kulit dan rambut

Kandungan vitamin C di dalamnya sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang dapat memberikan kilau sehat bagi kulit dan rambut.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat penting lainnya dari vitamin C adalah kemampuannya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Itu membuat buah belimbing ideal untuk dikonsumsi selama musim flu.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah belimbing dapat membantu untuk menurunkan berat badan sebab buah ini kaya serat yang dapat meningkatkan rasa kenyang.

Mengurangi kekurangan zat besi

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sehingga, kandungan vitamin C dalam buah ini membuat manfaat buah belimbing dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan mengurangi anemia.

Baca Juga :  Ini Fakta Unik Seputar Labu

Mengurangi peradangan

Buah belimbing kaya antioksidan sehingga membantu mengurangi peradangan. Kandungan antioksidan juga membuat manfaat buah belimbing dapat membantu menangkal radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mengandung sifat anti-inflamasi untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat buah belimbing juga dapat membantu mengatur tekanan darah. Sebab, buah belimbing mengandung mineral seperti kalium dan kalsium memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah. Kandungan kalsium dalam buah belimbing juga dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan hidrasi

Manfaat jus belimbing juga dapat menghidrasi dan mendinginkan tubuh saat cuaca panas. Sebab, lebih dari 90% buah belimbing terdiri dari air.

Membantu meningkatkan kualitas tidur

Manfaat buah belimbing juga dapat membantu tidur lebih nyenyak. Sebab, buah belimbing mengandung magnesium yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Mengatur kadar insulin

Belimbing mengandung gula kurang dari 4% dan serat yang tinggi. Serat menjaga kadar gula dalam tubuh. Sehingga, manfaat buah belimbing dapat membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here