Ini Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

0
383
MANFAAT DAUN PEGAGAN

Channel E – Daun pegagan atau Centella asiatica merupakan salah satu tanaman liar yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India.

Menurut Charles Saerang, direktur PT. Nyonya Meneer, “Setidaknya ada lima tanaman obat unggul yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit. Lima tanaman itu adalah pegagan (Centella Asiatica), temulawak, sambiloto, kencur, dan jahe. Kami mengharapkan dialog dan hubungan dengan Fakultas Farmasi UGM, akan membuka kemungkinan adanya tanaman unggulan baru yang belum diteliti,” dikutip dari Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada.

gambar istimewa

Batuk kering

Pegagan dipercaya efektif mengobati batuk karena mengandung efek farmakologis antibatuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup menggiling satu genggam daun pegagan segar. Setelah itu tambahkan air gula batu secukupnya lalu peras dan saring, minum air perasan daun pegagan tiga kali sehari.

Bisul Bisul

Memang bukan penyakit yang membahayakan tapi sangat menganggu.pasti merasa tidak nyaman saat terkena bisul. Pegagan dipercaya efektif mengobati bisul. Membuat obat herbal untuk bisul dari pegagan cukup mudah. Rebus 30 gram – 60 gram daun pegagan segar dengan tiga gelas air. Rebus daun pegagan sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas, minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

Demam

Pegagan bermanfaat sebagai obat herbal untuk demam.giling daun pegagan sampai halus. Setelah itu, tambahkan seidkit air dan garam. Lalu, peras dan saring,minum air perasan daun pegagan saat perut kosong tiga kali sehari.

Keputihan

Para kaum hawa pasti merasa tidak nyaman saat menderita keputihan. Daun pegagan efektif untuk mengobati keputihan.rebus 15 gram – 30 gram daun pegagan segar dengan tiga gelas air. Rebus daun pegagan sampai mendidih dan menyisahkan 1 gelas air.saring dan dinginkan. Lalu,minum air rebusan pegagan 1/2 gelas dua kali sehari.

Darah tinggi

Pegagan mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.  Untuk merasakan manfaatnya,rebus 20 lembar daun pegagan segar dengan tiga gelas air. Rebus daun pegagan sampai mendidih dan menyisahkan 3/4 air lalu saring dan dinginkan. Bagi air rebusan daun pegagan sama rata, minum rebusan daun pegagan tiga kali sehari.

Meningkatkan daya ingat

Daun pegagan mengandung senyawa glikosida triterpenoida dan beberapa mineral lainnya yang telah terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan daya ingat bisa membeli daun pegagan di toko obat herbal. Opsi lainnya,bisa menanam daun pegagan di rumah.

Mengobati Penyakit Alzheimer

Daun pegagan atau centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf. Peningkatan kedua fungsi itu memiliki potensi dalam membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

Bahkan menurut studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif untuk mengobati kelainan perilaku pada tikus yang terkena penyakit Alzheimer.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa manfaat daun pegagan mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan. Selain itu, tanaman ini juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel di otak dari pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer.
Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika hendak mengonsumsinya.

Meredahkan Stres

Menurut penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

Hal ini lagi-lagi terkiat dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun pegagan tersebut adalah meredakan kecemasan dan stres.

Melancarkan Aliran Darah

Selain bermanfaat untuk meredakan stres, daun pegagan juga memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah. Hal ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan.

Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena.

Mengobati Insomnia

Manfaat pegagan yang terakhir adalah mengobati insomnia. Efek menenangkan yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut dapat membuat kita rileks saat akan tidur. Pikiran-pikiran mengganggu yang sering hinggap di kepala penderita insomnia pun akan berkurang. Tentu saja hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk terlelap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!