Channel E – Meskipun kantung mata hitam bukan kondisi yang berbahaya, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan atau menyamarkannya. Beberapa orang merasa kantung mata hitam membuat tampilan wajah terlihat lelah dan lebih tua. Sehingga mereka mencari cara menyamarkan atau menghilangkan kantung mata hitam.

Minum banyak air dan melakukan kompres dingin dapat memperkecil tampilan kantung mata hitam dengan cepat. Namun, satu-satunya cara menghilangkan kantung mata hitam dalam jangka panjang yaitu dengan merubah gaya hidup.

Lantas, bagaimana cara menyamarkan dan menghilangkan kantung mata hitam? Berikut beberapa perawatan kulit yang dapat dilakukan: 

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa

1. Tidur yang Cukup

Beberapa orang memiliki kantung mata hitam ketika kurang tidur dan tidak tidak berkualitas. Kurang tidur dapat memperparah kantung mata hitam. Istirahat dan kesehatan tubuh secara umum perlu dijaga baik untuk mengurangi tampilan kantung mata hitam.

2. Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Kantung mata hitam dapat terjadi akibat peningkatan pembuluh darah di sekitar mata. Dengan meninggikan kepala saat tidur, darah akan mengalir menjauh dari kepala dan wajah. Selain itu juga dapat mengurangi pembengkakan dan warna gelap di bawah mata.

3. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata hitam juga bisa dengan mengompresnya dengan air dingin. Kompres dingin dapat mempersempit pembuluh darah di sekitar mata, sehingga mengurangi tampilan kantung mata di permukaan kulit. Kompres juga dapat mengurangi pembengkakan di sekitar mata dan mengurangi warna gelap.

4. Irisan Mentimun dan Kantong Teh

Mungkin ini cara yang paling klasik dan mekanisme efeknya tidak diketahui. Namun, suhu dingin dari irisan mentimun terbukti dapat mengurangi tampilan kantung mata. Kantong teh yang dibiarkan dingin di lemari es juga dapat mengurangi tampilan kantung mata hitam. Caranya dengan meletakkan kantong teh dingin di atas mata. Efeknya sama dengan irisan mentimun. Namun, kedua cara ini belum dipelajari dalam penelitian, sehingga efeknya bisa saja berbeda pada setiap orang.

5. Meminimalkan Paparan Sinar Matahari

Perlu diketahui, radiasi ultraviolet dapat memperburuk kantung mata hitam pada beberapa orang. Perlindungan dengan kacamata hitam, pelembab dengan tabir surya, dan topi dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan mencegah memburuknya kantung mata hitam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!