Channel E – Padang pasir merupakan salah satu tempat di muka bumi yang memiliki suhu yang tinggi di siang hari. Sebaliknya, di malam hari suhu di tempat ini akan turun dengan drastis. Makhluk hidup yang tinggal di padang pasir pun harus beradaptasi untuk mengatasi kondisi yang ekstrem tersebut.

Tanaman dan hewan yang hidup di padang pasir memiliki keunikannya tersendiri untuk menghadapi kerasnya hidup di wilayah yang minim air ini. Uniknya, banyak sekali hewan dan tanaman yang justru mampu mengatasi panasnya padang pasir. Berikut adalah beberapa hewan yang mampu bertahan di padang pasir.

Simak Bersama Yuk!

gambar istimewa<?center>

1. Gazelle 

Gazelle adalah salah satu hewan yang dapat ditemukan di daerah gurun pasir. Salah satu spesies gazelle adalah Goitered Gazelle yang memiliki berkecepatan tinggi yang ditemukan di Gurun Gobi, Iran, dan Turki. Spesies gazelle goitered bermigrasi secara musiman, sebagian besar mendiami pasir dan dataran dataran tinggi.

Spesies gazelle lainnya yang terbilang unik adalah Dorcas Gazelle. Gazelle yang satu ini tidak pernah minum air atau buang air kecil. Meskipun mereka akan minum air ketika tersedia, hewan dari Afrika Utara ini bisa mendapatkan semua air yang dibutuhkan dari makanannya.

2. Kadal 

Kadal armadillo adalah reptil yang sangat menarik yang dapat ditemukan di padang pasir Afrika Selatan. Tubuh mereka tersamarkan dengan sangat baik dan dapat ditemukan di celah-celah dan retakan di dalam batu besar di padang pasir. Ketika takut, kadal ini menempatkan ekor di mulutnya dan menggulung menjadi bola.

Kadal lain yang ditemukan di gurun adalah Thorny Devil atau kadal berduri. Mereka memiliki duri di seluruh tubuh mereka yang bertindak sebagai pertahanan terhadap predator. Thorny Devil memiliki salah satu bentuk adaptasi gurun terbaik. Kadal ini dapat minum dari kulitnya melalui lubang kecil di permukaan kulitnya. Lubang ini terhubung langsung dengan mulutnya.

Selanjutnya, ada juga kadal bertanduk gurun yang memiliki ukuran 3-5 inci. Bentuknya mirip dengan Thorny devil, namun dengan duri yang lebih sedikit. Kadal ini merupakan hewan endemik Amerika Utara. Namun, kadal ini dapat juga ditemukan di Barat Daya Idaho, Oregon, dan Timur Laut Meksiko.

3. Meerkat 

Hewan ini pada dasarnya adalah seekor luwak. Makhluk-makhluk ini mendiami gurun Kalahari di Afrika bagian selatan. Panjang meerkat berkisar antara 10-14 inci dan beratnya sekitar 2 pon. Meerkat memakan serangga dan larva yang diperoleh dengan menggaruk dan menggali permukaan tanah.

Hewan-hewan yang hidup di gurun atau padang pasir jumlahnya lebih banyak dan lebih beragam daripada yang telah disebutkan di atas. Beberapa dari mereka sudah mulai terancam keberadaannya karena banyak manusia yang memburunya untuk berbagai alasan.

Apa yang akan Anda lakukan untuk menjaga hewan-hewan unik ini agar tetap lestari hingga anak cucu kita dapat menikmati keragaman makhluk hidup, khususnya yang memiliki habitat di gurun? Ungkapkan saran dan ide Anda di kolom komentar, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!