Salah satu lokasi wisata yang memberikan edukasi dan informasi ilmu pengetahuan di Bali adalah Museum Kerang Bali (Bali Shell Museum). Museum yang menyimpan segala hal tentang kerang ini menjadi tempat alternatif untuk belajar meskipun sedang dalam kegiatan liburan. Sehingga sangatlah menyenangkan tatkala berlibur tetapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

Museum kerang Bali ini adalah museum kerang pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Memiliki koleksi sekitar 10 ribu jenis kerang dan berasal dari lokal Indonesia maupun dari mancanegara. Bahkan kerang-kerang yang ada memiliki usia ratusan tahun yang sudah menjadi fosil.

1. Fosil Kerang

gambar istimewah

Selain dapat melihat aneka jenis kerang, disediakan juga ruangan yang berfasilitas home teater untuk menonton video dokumenter tentang bagaimana perjalanan untuk mendapatkan kerang-kerang tersebut. Perjalananan wisata edukasi ke tempat ini pun bakal bisa dilakukan dengan sangat menyenangkan dan tidak membosankan.

Bangunan dari museum kerang ini atapnya berbentuk laksana keong yang sangat besar, seperti sebuah cangkang kerang. Gedungnya berlantai tiga dengan koleksi yang berbeda-beda di tiap lantainya. Penggagas dibangunnya Museum Shell Bali adalah Stephen yang memang sangat mencintai kerang sejak ia masih kecil.

2. Bangunan Bali Shell Museum

gambar istimewah

Stephen dikenal sebagai sosok yang benar-benar punya kecintaan tinggi terhadap kerang, ia memutuskan untuk berkeliling dunia mencari dan menelusuri jejak-jejak kerang yang pernah ada. Karena banyaknya koleksi yang ia miliki dari seluruh dunia, akhirnya ia membangun museum kerang yang salah satunya adalah Museum Shell Bali, setelah museum kerang yang ada di Amerika Serikat, Jepang, Prancis, Filiphina, dan Thailand.

Lokasi Museum Kerang Bali

Bali Shell Museum berdiri di lahan seluas 1500 meter persegi dan berada di Jl. Sunset Road No. 819, Benoa, Kuta Selatan, Badung. Buka setiap hari mulai pukul 09.30 sampai pukul 21.00 WITA, dengan ongkos masuk untuk dewasa sebesar 50 ribu rupiah dan untuk anak-anak sebesar 30 ribu rupiah.

Cara Menuju ke Museum Kerang Bali

Akses menuju lokasi obyek wisata sangat mudah dijangkau, dapat menggunakan kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua. Jika dari kawasan sentral parkir Kuta, bisa langsung menuju ke arah Jalan Imam Bonjol lalu dilanjutkan ke Jalan Sunset Road hingga menemukan lokasi Bali Shell Museum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!