33.2 C
Jakarta
Friday, July 26, 2024

Makanan Penunjang Kesehatan Jantung

Peduli kesehatan harus disadari sejak dini, termasuk kesehatan jantung. Saat ini, tidak sedikit orang yang mengidap penyakit jantung. Bahkan penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak muda, dan ini sangatlah disayangkan. Sebab, masa-masa muda haruslah menjadi generasi yang memiliki banyak manfaat, ide, serta gagasan untuk kemajuan generasi selanjutnya. Untuk itu, sebaiknya Anda mulai menyadari akan kesehatan jantung dengan memulai pola makan sehat.

Ikan Salmon

gambar istimewah

Jenis ikan yang satu ini memiliki banyak vitamin yang berguna bagi tubuh. Diantaranya adanya kandungan vitamin B12, asam lemak omega 3, kalium, dan beberapa kandungan nutrisi penting lainnya. Kandungan asam lemak omega 3 yang digabungkan dengan kalium, memiliki peran penting pada kesehatan jantung.

Adanya beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan salmon, akan mengurangi peradangan arteri, menurunkan kadar kolesterol jahat, hingga menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon secara rutin, dapat menurunkan kondisi medis yang berhubungan dengan kesehatan jantung. Penyakit tersebut seperti aritmia, stroke, dan tekanan darah tinggi.

Tomat

gambar istimewah

Kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat, ternyata dapat meningkatkan kondisi kesehatan jantung. Sebab, makanan yang mengandung lycopene tinggi akan meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bahkan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung lycopene tinggi, dapat menurunkan resiko penyakit stroke dan jantung.

Kacang Kenari

gambar istimewah

Jika selama ini penderita jantung tidak diperbolehkan mengkonsumsi kacang karena kadar lemak yang tinggi. Berbeda dengan kacang kenari yang justru baik untuk kesehatan jantung. Kacang kenari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 16% dan dapat menurunkan tekanan darah hingga 2-3 mm Hg. Jika Anda rutin mengkonsumsi kacang kenari, maka kesehatan jantung akan semakin terjaga. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan kacang kenari sebagai cemilan sehat yang menyehatkan jantung.

Sayuran Hijau

gambar istimewah

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga baik untuk kesehatan jantung. Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang memiliki ragam vitamin, mineral, antioksidan, dan sumber vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Jenis sayuran hijau yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan jantung antara lain, bayam, sawi, dan kangkung.

Akan lebih baik lagi, jika Anda mengkonsumsi sayuran tersebut dengan dijadikan sebagai minuman. Anda dapat mengolah sayuran menjadi jus yang dapat dikonsumsi setiap hari. Selain bagus dan baik untuk kesehatan jantung, minum jus sayur dapat mengurangi kekusaman pada kulit, dan mengembalikan peremajaan kulit.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
27,000SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles