32.9 C
Jakarta
Tuesday, September 26, 2023
- Advertisement -

5 Fitur Google Maps yang Belum Diketahui Banyak Orang

Google Maps adalah salah satu alat navigasi dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Namun masih banyak fitur tersembunyi yang mungkin tidak diketahui oleh mereka.

Apabila memanfaatkan fitur-fitur tersembunyi ini, fungsi Google Maps akan lebih kaya dari biasanya. Alhasil, Google Maps tidak menawarkan rute cepat dan mudah dari beragam pilihan transportasi ke tempat tujuan.

Berikut 5 fitur tersembunyi Google Maps yang belum banyak diketahui

Mengukur Jarak

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Mengetahui seberapa jauh jarak antara tempat satu dengan tempat lain sangatlah berguna, terlebih jika kalian sedang merencanakan perjalanan yang jauh. Fitur ini rupanya tersedia di Google Maps.

Google Maps menyertakan fitur pengukuran bawaan, yang dapat diakses di desktop dan seluler. Pilih lokasi, baik dengan mengklik kanan pada desktop atau menekan lama pada ponsel untuk menjatuhkan pin, dan pilih ukur Jarak.

Pilih tempat lain di peta dan Google akan memberi tahu kalian seberapa jauh jarak kedua tempat itu. Kalian dapat menambahkan lebih banyak tempat untuk diukur dari sana.

Jalan-jalan ke Masa Lalu

Google Street View

Salah satu fitur menarik yang ada pada Google Maps adalah fitur Google Street View. Di fitur ini, Anda bisa melihat jalan dari belahan bumi mana saja yang bisa membuat lupa waktu.

Google diam-diam telah menambahkan fitur yang cukup rapi dalam Street View, sehingga memungkinkan pengguna kembali ke masa lalu untuk melihat bagaimana jalan atau tempat itu terlihat.

Untuk perjalanan waktu, pilih lokasi Street View dan di kanan atas, klik tanggal. Street View kemudian akan menampilkan rentang, mulai tahun 2008 hingga sekarang, yang tersedia untuk lokasi tersebut.

Tambahan Tujuan Perjalanan

Tambahan Tujuan Perjalanan

Rutenya hanya dari A ke B, Google pun telah memikirkan hal ini. Dengan fitur tersebut, Anda bisa menambahkan rute penghentian lebih dari satu rute.

Baca Juga :  Red Velvet Cheese Butter Cake Resep

Untuk menambahkan perhentian diĀ Google Maps, pilih tujuan pertama dan klik tiga titik yang muncul di sudut kanan atas pada ponsel. Pilih “Tambah perhentian” dari menu dan pilih tujuan kedua.

Kalian akan dapat menyusun ulang tujuan dan melihat ETA untuk masing-masing tujuan. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi untuk mengemudi atau berjalan kaki, bukan transportasi umum.

Navigasi Penyamaran

Navigasi Penyamaran

Ingin pergi ke suatu tempat secara diam-diam tanpa sepengetahuan Google Maps? Di aplikasi seluler, ketuk ikon pengguna di sudut kanan atas dan pilih “Aktifkan mode penyamaran”.

Fitur ini tidak membuat kalian sepenuhnya tidak terlihat tetapi akan mencegah tempat tersebut muncul dalam pencarian terakhir. Setelah selesai, navigasikan ke menu yang sama dan matikan mode penyamaran.

Membuat Peta Sendiri

Ilustri Membuat Peta Sendiri

Mengunjungi kota baru? Ingin menyimpan beberapa tempat makan siang yang lezat? Google Maps memungkinkan menyimpan dan membuat katalog tempat untuk bisa dimanfaatkan di kemudian hari.

Untuk melakukannya, klik tiga garis di kiri atas desktop dan pilih Tempat Anda > Peta > Buat Peta. Dari sana, kalian dapat membuat penanda, menambahkan arah, rute, dan mengukur jarak.

Peta khusus ini kemudian akan muncul berlapis di atas pengaturan Maps standar. Jadi ketika sudah waktunya kita bepergian, tidak perlu lagi mencari-cari tempat tukuan, semuanya sudah bisa dipersiapkan.Kita juga tidak perlu khawatir untuk berpergian jauh karna kita sudah mempunyai Google Maps.

Nah, Itulah 5 Fitur Google Maps, dan kita harus mengetahui fitur – fitur itu agar kita tahu kalo kita sedang tersesat dijalan kita tinggal liat Google Maps nya.

- Advertisement -

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,100SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

X
X