29.6 C
Jakarta
Wednesday, February 8, 2023

Fungsi dan Macam-Macam Penyakit yang Menyerang Paru-Paru

Paru-paru adalah organ utama dari sistem pernapasan kita. Bagaimana fungsi paru-paru dalam sistem pernapasan kita? Mengutip Healthline, sistem pernapasan kita terdiri dari hidung, tenggorokan, laring (kotak suara), trakea (batang tenggorokan), dan paru-paru. Paru-paru yang terletak di dada ini terdiri dari 2 bronkus kanan dan kiri (jalan udara utama di dada), bronkiolus (cabang dari bronkus), dan alveolus (kantung udara).

Dalam sistem pernapasan, fungsi paru-paru untuk menukar oksigen dan karbondioksida setiap kali Anda menarik dan menghembuskan napas. Oksigen dibutuhkan setiap sel tubuh untuk Anda tetap hidup dan sehat. Sedangkan, karbondioksida adalah produk limbah dari tubuh Anda.

Bagaimana cara kerja paru-paru?

paru-paru

Mengutip Healthline, saat Anda bernapas terjadi proses yang dimulai dari udara masuk melalui hidung atau mulut Anda. Kemudian yang terjadi adalah:

  • Udara masuk ke tenggorokan menuju trakea
  • Setelahnya udara masukan ke paru-paru melalui bronkus utama kanan dan kiri di tubuh Anda
  • Udara akan masuk lebih dalam ke saluran udara bronkus
  • Masuk lagi menuju tabung bronkiolus yang lebih kecil Udara berakhir di bagian paru-paru alveolus.

Di alveolus pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi. Hal itu karena alveolus ditutup oleh jaring pembuluh darah kecil, yang disebut kapiler. Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi saat jantung memompa darah. Darah yang terdeoksigenasi (banyak karbondioksida dari pada oksigen) dikirim jantung ke paru-paru.

Saat melewati kapiler kecil berdinding tipis, darah terdeoksigenasi itu akan mengembalikan karbondioksida yang dibawa untuk menukarnya menjadi oksigen. Darah kaya oksigen itu akan dikirim kembali ke jantung untuk kemudian dipompa beredar ke seluruh tubuh Anda. Sementara, karbondioksida akan dihembuskan oleh paru-paru melalui hidung dan mulut untuk keluar dari tubuh.

Baca Juga :  Apakah Melewatkan Sarapan Bisa Membahayakan Kesehatan?

Apakah ada fungsi lain dari paru-paru?

paru-paru

Mungkin kebanyakan orang baru mengetahui bahwa fungsi paru-paru adalah untuk pernapasan. Namun, ternyata ada fungsi lain dari paru-paru kita. Mengutip Medical News Today, paru-paru menjalankan fungsi penting lain untuk tubuh kita, yaitu sebagai berikut:

Menyeimbangkan pH

Ketika terlalu banyak karbondioksida beredar dalam darah kita, tubuh akan menjadi asam. Jika paru-paru mendeteksi tingkat keasaman tubuh meningkat, maka organ ini juga akan meningkatkan laju pertukaran oksigen dan karbondioksida. Tujuannya untuk mengeluarkan lebih banyak karbondioksida yang tidak diinginkan dan membantu menyeimbangkan pH tubuh.

Melindungi tubuh dari zat berbahaya

Fungsi paru-paru juga untuk melindungi tubuh dari zat berbahaya. Contohnya, paru-paru mengeluarkan imunoglobulin A (IgA) yang dapat mencegah infeksi. Mengutip Hopkins Medicine, imunoglobulin A adalah protein darah yang merupakan bagian dari sistem imun. Tubuh Anda membuat IgA dan jenis antibodi lain untuk membantu melawan penyakit.

IgA ditemukan di selaput lendir, terutama di saluran pernapasan dan pencernaan. Selain itu, juga ditemukan di air liur, air mata, dan ASI.

Berbicara

Kita dapat berbicara karena ada udara yang masuk melalui sistem pernapasan. Jika tidak ada aliran udara yang masuk, maka kita tidak akan bisa berbicara.

Macam-Macam Penyakit Paru-paru

paru-paru

Adapun beberapa penyakit yang dapat menyerang paru-paru, inilah macam-macam penyakitnya antara lain:

  • Pneumonia
  • Tuberkulosis
  • Bronkitis.
  • Penyakit paru obstruktif kronis
  • Asma

Itulah fungsi paru-paru dan macam-macam penyakit paru yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Jika Anda kerap mengalami batuk berkepanjangan, sesak napas, napas berbunyi (mengi), atau bahkan nyeri dada, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar bisa diberikan penanganan yang tepat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles