29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

Kendaraan Roda Dua Yang Mengejutkan Dunia

Berbicara jenis-jenis kendaraan, ada banyak macam bentuknya yang bisa dijumpai baik itu di darat, laut, bahkan udara. Paling mudah dijumpai tentu saja adalah kendaraan yang beroperasi di darat. Tinggal keluar rumah sedikit saja Anda sudah bisa melihat kendaraan yang melintas.

Di darat, jenis kendaraan dibedakan berdasarkan jumlah rodanya. Paling mudah, mengelompokkannya menjadi roda empat (mobil) atau roda dua (motor). Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas tentang kendaraan roda dua. Perlu diingat, kendaraan roda dua bukan hanya terbatas pada motor saja.
Di berbagai belahan dunia bahkan di Indonesia, jenis-jenis kendaraan roda dua ada berbagai macam yang bisa dijumpai. Selain karena harga yang lebih murah, mengendarai roda dua memberi kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Lalu apa sajakah jenis kendaraan roda dua yang ada? Berikut ini adalah ulasannya untuk Anda.

Motor Kawasaki

gambar motor kawasaki H2R

Membuat kejutan di sela gelaran balap ketahanan 8 jam Suzuka di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada Sabtu (6/8/2022). Produsen motor asal Jepang itu memamerkan dua produk elektrifikasinya yang diketahui masih dalam tahap pengembangan.

Diwartakan Autoby, produk full listrik atau EV (Electric Vehicle) dituangkan lewat produk motor sport berjenis naked. Sementara yang berteknologi hybrid hadir dalam tampilan motor sport full fairing.

Keduanya bukan cuma ditampilkan kepada publik saja, namun juga melakukan test jalan mengitari Sirkuit Suzuka. Kehadirannya di Jepang beberapa waktu lalu adalah debut pertamanya di dunia.

Mengungkapnya dari sektor tampilan, produk EV yang dipamerkan oleh Kawasaki memiliki desain dan basis yang mirip dengan Z250, Z300, atau Z400. Itu bisa dilihat dari bentuk headlamp, spakbor, pelek, dan bodi belakangnya.

Visual barunya ada di penggunaan komponen shroud yang tampil lebih pipih dan diduga sebagai penutup atau pelindung dari komponen baterai-nya. Tentu karena ini motor berteknologi listrik, tak ada komponen knalpot dan menghilangkan undercowl.

Baca Juga :  Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Inilah 7 Penyebabnya

Bentuk tubuhnya tak terlalu besar, mirip-mirip dengan Z250 hingga Z400. Beberapa komponen yang di model konvensional juga hadir, misalnya dari sistem rem cakram tunggal di depan-belakang, paket rantai dan gir, hingga jok dan pijakan kaki buat pembonceng.

Belum ada informasi resmi soal spesifikasi dan rangkaian listrik yang digunakan. Namun kabarnya mengandalkan sistem transmisi 4-percepatan dengan teknologi regenerative braking yang memungkinkan mengubah energi kinetik menjadi listrik. Tujuannya adalah untuk mengisi daya baterai atau mempertahankan baterai yang tersisa.

Masih berdasarkan laporan Autoby, ada pengembangan di sektor sasis yang kini menggunakan model dan desain baru. Penggunaan frame anyar tersebut dijelaskan untuk menyesuaikan dengan komponen listrik, utamanya baterai.

Motor ducati

gambar motor ducati

Para penggemar Ducati berbondong-bondong datang ke acara Race of Champions di festival World Ducati Week 2022. Event ini diselenggarakan di Sirkuit Misano, Italia pada Sabtu, 23 Juli 2022. Pembalap tim Ducati dari berbagai kejuaraan turut hadir dalam ajang ini. Dan yang paling menarik adanya penjualan motor Ducati Panigale V4 S Limited Edition.

Banyak kegiatan dalam festival World Ducati Week 2022. Salah satunya one make race yang menghadirkan para pembalap dari tim Ducati. Mereka berlaga menggunakan Panigale V4 S. Rider MotoGP ada Francesco “Pecco” Bagnaia dan Jack Miller. Lalu hadir pemimpin Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK), Alvaro Bautista dan penantang MotoAmerica, Danilo Petrucci.

Dan bisa ditebak siapa pemenangnya di antara para pembalap itu, tentu saja Pecco Bagnaia dari Ducati Factory yang berlaga di MotoGP. Ia berhasil mengungguli rider lain. Di tempat kedua ada Luca Marini dan Marco Bezzechi dari Mooney VR46 yang melengkapi podium. Sedang Miller gagal naik podium dengan finis keempat dan Johann Zarco pembalap dari Pramac Ducati di urutan kedelapan.

Baca Juga :  7 Tanda Whatsapp Anda Disadap dan Cara Mengatasinya

nah, seperti itulah gambaran tentang dua motor sport yang akan menjadi ajang balapan 2023/2024.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles