33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Kebakaran di Simprug Jaksel Hanguskan 100 Rumah

Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk di Jalan Simprug Golf, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, menghanguskan setidaknya 100 rumah warga. Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan, Ruwanto menyebut ada 555 jiwa yang terdampak musibah kebakaran tersebut.

“Ada 100 rumah yang terbakar dan total ada 200 kepala keluarga (KK) atau 555 jiwa yang terkena dampak kebakaran,” ujar Ruwanto dalam keterangannya, Minggu (21/8/2022).

Dugaan Sementara

Kebakaran di Simprug Jaksel

Kebakaran di permukiman ini masih belum diketahui pasti penyebabnya.

“Di kontrakan atas, pada saat kejadian, penghuni langsung turun dan berteriak ada kebakaran. Karena api sudah membesar, warga segera menghubungi pihak Damkar,” ujar Ruwanto.

Ruwanto mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 33 unit mobil pemadam kebakaran dan 110 orang personel untuk menjinakkan api. Ruwanto menyebut ada satu orang warga yang meninggal dunia lantaran syok saat mengetahui musibah kebakaran yang terjadi.

“Korban atas nama Nanang (48) meninggal karena syok dan juga kelelahan,” ujar dia.

Dampak Kebakaran

Kebakaran di Simprug Jaksel

Warga juga telah mengungsi di tempat khusus yang disediakan, yakni di sekitar masjid setempat, kurang lebih jaraknya 500 m dari tempat kejadian.

“Hingga saat ini, seluruh warga yang sudah keluar dari tempat kejadian, banyak dari mereka yang menangis. Bahkan, di antara mereka banyak anak kecil yang menangis karena cukup kaget, ini terjadi cukup cepat, pukul 10.45 WIB,” kata jurnalis Kompas TV, Elgeen Frydianto, di lokasi.

Adapun dampak kebakaran di Simprug mengakibatkan sejumlah rumah warga hangus terbakar. Selain sejumlah rumah, kebakaran juga menghanguskan bangunan sekolah PAUD, Posyandu, dan musala. Sementara itu, petugas pemadam kebakaran menemui sejumlah kendala untuk memadamkan api.

15 Unit Mobil dan 63 Personel Pemadam Kebakaran Dikerahkan

Kebakaran di Simprug Jaksel

Diberitakan Tribunnews.com, Petugas Call Center Sudin Gulkarmat Jakarta Salatan, Nizam, mengatakan laporan kebakaran di permukiman Simprug diterima dari seorang warga bernama Kessy pada Minggu (21/8/2022) siang, sekitar pukul 10.48 WIB.

Baca Juga :  Resep Bubur Sumsum

Kebakaran dilaporkan melanda rumah warga di Jalan Simprug Golf 2, RT 04/08, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Belasan unit mobil dan puluhan personel Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan pun tengah berjibaku melakukan pemadaman api di lokasi.

Penuturan dari Nizam rumah yang terbakar, saat ini sudah ada 15 unit mobil dan 63 personel yang dikerahkan untuk pemadaman. Nizam juga mengatakan sampai saat ini belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran itu karen masih proses pemadaman.

Elgaan menyebutkan ada beberapa kendala yang masih dialami oleh pemadam kebakaran, salah satunya adalah jalan yang cukup sempit dan tidak bisa dilalui oleh mobil pemadam kebakaran karena posisi dari kebakaran ini di gang sempit

Laporan dari Pemadam DKI

Kebakaran di Simprug Jaksel

Diketahui, kebakaran di permukiman Simprug Jaksel ini turut dilaporkan Pemadam DKI Jakarta di Twitter. Disebutkan, pihak pemadam kebakaran menerima laporan kebakaran pada pukul 10.48 WIB,

Petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa pada pukul 17.15 WIB, pemadaman api dinyatakan selesai. Adapun api pertama kali muncul sekitar pukul 10.00 WIB. Sebelummya, Lurah Grogol Selatan Andi menyatakan bahwa ratusan KK yang terdampak akan diungsikan ke gereja di sekitar lokasi.

Nah, itulah penjelasan tentang kebakaran yang menghanguskan setidaknya 100 rumah warga dan adapun dampak kebakaran di Simprug mengakibatkan sejumlah rumah warga hangus terbakar. Selain sejumlah rumah, kebakaran juga menghanguskan bangunan sekolah PAUD, Posyandu, dan musala. Sementara itu, petugas pemadam kebakaran menemui sejumlah kendala untuk memadamkan api.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles