33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Manfaat Makan Nanas yang Jarang Diketahui

Nanas adalah tumbuhan tropis dengan buah yang dapat dimakan dan tumbuhan yang paling penting secara ekonomi dalam famili Bromeliaceae. Nanas juga tumbuhan asli Amerika Selatan, dan telah dibudidayakan disana selama berabad-abad.

Buah nanas dengan cita rasa menyegarkan yang cocok dilahap ketika cuaca sedang terik-teriknya. Di sisi lain, buah yang berasal dari Amerika Selatan itu juga mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi.

“Nanas adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan rendah kalori,” kata juru bicara New York State Academy of Nutrition and Dietetics, Jonathan Valdez, RDN, dilansir dari Eat This.

Sementara itu ahli gizi diet terdaftar, Keri Gans, MS, RDN, CDN, juga menjelaskan bahwa nanas merupakan sumber vitamin dan mineral. Buah dengan nama ilmiah Ananas comosus tersebut mengandung 2,3 gram serat per satu cangkir penyajian. Nanas juga punya kandungan kalium, magnesium, vitamin A, vitamin B, protein, selenium, dan zinc.

Manfaat makan nanas

Jika nanas rutin mengonsumsi nanas, sejumlah manfaat bagi kesehatan berikut ini bisa kita rasakan. Apa saja?

Mengobati IBD

nanas

Inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus termasuk gangguan pada sistem pencernaan yang sifatnya kronis. Beruntung, masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi nanas. Pasalnya nanas mengandung enzim bromelain yang berperan sebagai antiinflamasi.

“Satu penelitian menunjukkan penurunan inflamasi seseorang yang terkena IBD, yang berpotensi meringankan gejala pasien,” kata Valdez “Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan bromelain sebagai metode pengobatan untuk IBD,” tambahnya.

Mengurangi peradangan

nanas

Nanas merupakan buah yang mengandung antioksidan vitamin C yang mempunyai sifat antiinflamasi. Di sisi lain, antioksidan pada nanas juga mampu mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis. Manfaat makan nanas lainnya adalah mendukung kesehatan dan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga :  Manfaat Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Meningkatkan kesehatan tulang

nanas

Kandungan mangan dalam nanas ternyata dapat meningkatkan kesehatan tulang. Dilansir dari Everyday Health, Oregon State University menerangkan bahwa nanas menjadi sumber mineral pada makanan. Dalam secangkir nanas mengandung 76 persen nilai mangan harian yang direkomendasikan. Di sisi lain mangan dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang dan mineral secara keseluruhan.

Mengurangi rasa sakit

nanas

Valdez menyampaikan, kandungan bromelain yang mempunyai sifat antiinflamasi bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Bromelain juga membantu mengurangi pembengkakan akibat luka bakar, nyeri sendi, dan penyakit peradangan lainnya.

Menurunkan tekanan darah tinggi

nanas

Tingginya tekanan darah menjadi kekhawatiran sebagian orang lantaran berisiko menyebabkan stroke dan serangan jantung. Untungnya, masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi nanas.

“Enzim dalam nanas yang dikenal sebagai bromelain memperlambat pembekuan darah,” jelas Valdez. “Nanas juga meningkatkan produksi sel darah merah dan putih yang membantu peningkatan aliran darah,” kata Valdez.

Efek samping makan nanas

Meskipun kaya manfaat untuk kesehatan, nanas juga bisa menimbulkan efek samping bagi orang-orang tertentu, ataua apabila kita terlalu banyak mengkonsumsinya. Efek tersebut misalnya menimbulkan rasa gatal hingga bengkak. Ini terjadi karena nanas mengandung getah yang bisa membuat seseorang alergi.

Terlalu banyak makan nanas juga bisa menyebabkan diare dan muntah pada mereka yang sensitif terhadap bromelain. Kandungan bromelain ini juga bisa menyebabkan rasa kebas dan perih di lidah, mulut, dan bibir. Untuk menghilangkannya, kita bisa mencoba makan nanas yang dimasak, misalnya dijadikan minuman atau selai.

Nah, itulah penjelasan tentang buah nanas dengan cita rasa menyegarkan yang cocok dilahap ketika cuaca sedang terik-teriknya. Buah yang berasal dari Amerika Selatan itu juga mendatangkan sejumlah manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi.

Baca Juga :  Dampak Digitalisasi pada Millennials, Berpotensi Jadi Halusinasi

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles