31.3 C
Jakarta
Friday, January 27, 2023

5 Kuliner Makanan Khas Aceh yang Jarang Diketahui

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan variasi makanannya sangat kaya. Terkenal dengan cita rasa yang unik dan rempah yang kuat, makanan Aceh menjadi favorit banyak orang baik di dalam atau di luar Aceh.

Makanan Aceh yang populer seperti Mie Aceh dan Ayam Tangkap sudah banyak dikenal oleh warga Indonesia di mana-mana. Tetapi, masih banyak makanan Aceh yang jarang diketahui dan tentu rasanya tak kalah lezatnya.

Penasaran apa saja kekayaan kuliner Aceh yang enak-enak? Berikut dibawah ini merupakan 5 kuliner dari Aceh yang jarang diketahui:

Roti Canai

kuliner roti canai

Makanan khas Aceh yang dapat kalian nikmati ialah Roti Canai. Kuliner ini memang sedikit banyak terpengaruh dari budaya India dan juga bisa Anda temukan di Singapura atau Malaysia.

Nama lain dari roti ini adalah Roti Maryam dan memiliki bentuk bulat yang pipih. Teknik pembuatan roti ini melalui proses pembakaran, sampai terdapat warna kehitaman pada berbagai sisi.

Aslinya, roti ini memiliki rasa yang tawar namun seiring berjalannya waktu terdapat berbagai variasi rasa. Selain bisa dinikmati dengan cara dimakan secara langsung, roti ini juga cocok Anda santap bersama dengan kari kambing.

Martabak Aceh

kuliner martabak aceh

Apabila kalian mengunjungi tempat makan Mie Aceh, maka ada satu menu yang umum dipesan oleh pelanggan, yakni Martabak Aceh. Sekilas, Martabak Aceh memiliki bentuk yang sama dengan martabak telur lainnya.

Namun, ternyata kulit dari martabak ini menggunakan roti canai sehingga cita rasa martabak ini menjadi lebih berbeda. Isi dari martabak ini juga cukup beragam seperti daging sapi atau daging ayam.

Ciri khas dari Martabak Aceh ialah terdapat campuran bawang merah serta cabai pada bagian atas martabak. Beberapa martabak aceh juga dilengkapi dengan kuah kari yang kaya akan rempah-rempah. Hal ini membuat cita rasa makanan ini menjadi lebih pedas, gurih dan khas. Kalian dapat menikmati makanan ini sebagai camilan sore hari.

Baca Juga :  Oleh-oleh Kekinian Yogyakarta yang Wajib Dibawa Pulang

Eungkot Keumamah

kuliner eungkot keumamah

Sebagai salah satu wilayah yang memiliki kekayaan laut melimpah, tentu saja masakan ikan khas Aceh menjadi salah satu andalannya. Salah satu kuliner Aceh yang terbuat dari olahan ikan ialah Eungkot Keumamah.

Makanan ini terbuat dari ikan cakalang maupun ikan tongkol. Sebelum mengolahnya, warga Aceh mengeringkan ikan beberapa hari sampai airnya habis. Ini sebabnya, bentuknya menjadi kering dan menyerupai kayu, sehingga orang-orang juga menyebutnya sebagai ikan kayu.

Setelah kering, ikan direbus bersama dengan air dan bumbu-bumbu lainnya sehingga menciptakan rasa yang pekat. Makanan ini juga kerap masyarakat Aceh sajikan untuk berbagai acara kenduri maupun pesta atau hajatan.

Timphan

kuliner timphan

Mencari makanan kue khas Aceh yang bisa kalian santap disaat sedang bersantai? Timphan merupakan salah satu makanan ringan namun mengenyangkan yang bisa kalian cicipi. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan sehingga teksturnya padat dan kenyal.

Kemudian, terdapat berbagai isian agar rasanya menjadi lebih kaya, seperti nangka, ubi, pisang raja, atau kelapa parut. Selanjutnya Timphan dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Dengan cara ini, Timphan memiliki wangi yang khas dan semerbak. Makanan ini cukup sering kalian temukan di berbagai acara adat maupun pesta masyarakat Aceh. Bagi wisatawan, mereka juga sering membeli Timphan sebagai oleh-oleh.

Bohromrom

kuliner bohromrom

Satu lagi makanan manis yang dapat kalian temukan di Aceh adalah Bohromrom. Sekilas, makanan ini menyerupai klepon yang biasa kalian temukan di Pulau Jawa. Makanan ini berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, mirip dengan Klepon.

Rasa dari Bohromrom sangat manis dan tentunya cocok untuk kalian konsumsi saat sedang bersantai. Hidangan ini terbuat dari tepung ketan, daun pandan, garam dan isian gula jawa yang memberikan rasa manis.

Baca Juga :  Red Velvet Cheese Butter Cake Resep

Terdapat taburan kelapa pada bagian atas makanan yang mampu menyeimbangkan rasa manis dan gurih. Di beberapa daerah Aceh lainnya, makanan ini memiliki nama Kue Boh Duek Beudeh.

Kaya sekali bukan kuliner tradisional khas dari Aceh? Berbagai jenis dan cita rasa yang bervariasi membuat berpetualang mencicipi makanan khas Aceh yang tak akan ada habisnya! Nah, jadi itulah penjelasan mengenai 5 kuliner khas dari Aceh yang jarang diketahui. Semoga informasinya bermanfaat

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles