29.3 C
Jakarta
Monday, June 17, 2024

7 Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Penyakit asam lambung dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Refluks asam terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Ini sering terjadi tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti mulas. Salah satu alasan hal ini terjadi adalah sfingter esofagus bagian bawah (LES) melemah atau rusak.

Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan. Apa yang Anda makan memengaruhi jumlah asam yang diproduksi oleh perut Anda.  Mengonsumsi makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan refluks asam atau penyakit refluks gastroesofageal (GERD), suatu bentuk refluks asam yang parah dan kronis.

Penderita asam lambung perlu lebih selektif lagi dalam memilih asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik. Selain itu, penderita asam lambung juga disarankan untuk mengubah gaya hidup ideal seperti menghindari kebiasaan merokok, mengontrol berat badan, hingga mengurangi konsumsi alkohol. Hal tersebut bertujuan agar tubuh lebih sehat dan asam lambung jadi tidak mudah kambuh.

Makanan untuk penderita asam lambung

Penyakit asam lambung dapat diminimalisir dengan mengubah gaya hidup yang sesuai, termasuk menjaga kadar asam di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan pemicu asam lambung naik dan memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi. Apa saja makanan tersebut? Berikut tujuh makanan yang dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Biji-bijian utuh

ilustrasi Biji-bijian utuh

Biji-bijian mengandung serat yang tinggi dan baik untuk penderita asam lambung. Serat yang tinggi diketahui mampu menghentikan gejala refluks asam lambung naik ke kerongkongan. Sebab, serat dapat membantu menyerap asam lambung naik di saluran pencernaan. Beberapa jenis biji-bijian yang kaya serat di antaranya adalah beras merah, oatmeal, hingga roti gandum.

Sumber protein tanpa lemak

ilustrasi sumber protein tanpa lemak

Makanan kaya protein tanpa lemak dapat mengurangi gejala asam lambung semakin parah. Pilihan makanan tinggi protein tanpa lemak itu adalah dada ayam, makanan laut, tahu dan putih telur. Cara terbaik untuk menyajikannya adalah dengan cara dipanggang, rebus atau dibakar dengan arang atau kayu bakar.

Kacang-kacangan

ilustrasi kacang kacangan

Selain menjadi sumber serat yang baik, aneka kacang-kacangan juga mampu menekan produksi asam lambung berlebihan. Selain itu, aneka kacang-kacangan juga kaya akan vitamin dan mineral yang membuatnya cocok dijadikan makanan sehat sehari-hari. Beberapa pilihan kacang-kacangan yang direkomendasikan adalah kacang polong, almond, kacang tanah dan lentil.

Yogurt

bisa
ilustrasi yogurt

Salah satu produk susu yang cukup aman di lambung adalah yogurt. Kudapan yang sering diolah menjadi dessert atau minuman ini kaya akan probiotik yang mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Yogurt juga menjadi sumber protein yang baik untuk dan cocok dikonsumsi bagi orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Lain hal seperti makanan tinggi lemak trans seperti junk food. Makanan yang mengandung lemak sehat mampu mencegah asam lambung naik. Beberapa makanan tersebut di antaranya adalah alpukat, minyak zaitun, kenari dan beberapa produk turunan dari kedelai.

Jahe

ilustrasi jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah sistem pencernaan mengalami peradangan. Banyak cara untuk memanfaatkan jahe sebagai makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Seperti diolah sebagai bumbu masakan, sup, tumisan hingga dijadikan minuman jahe.

Aneka sayuran non-citrus

sayuran anti citrus
sayuran anti citrus 

Hampir semua makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, dengan rutin mengonsumsinya juga dapat membuat tubuh semakin sehat karena buah dan sayur kaya akan nutrisi dan vitamin.

Nah, itulah 7 Jenis makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Penderita asam lambung perlu lebih selektif lagi dalam memilih asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, beberapa jenis makanan bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles